Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2017, 17:22 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Biasanya orang meyakini bahwa kaum perempuan lebih getol belanja dibanding para pria. Namun rupanya dalam bulan Ramadhan ini kaum pria justru lebih banyak berbelanja online setelah santap sahur dibanding para wanita.

Dalam survey yang dilakukan iPrice Group saat menganalisa perilaku konsumen online di Indonesia pada bulan Ramadhan, didapati bahwa pada pukul 05.00WIB sampai 06.00WIB, jumlah konsumen online pria justru lebih banyak  4–5 persen dari wanita.

Para pria cenderung menggunakan waktu paginya untuk mencari produk dan juga penawaran dari toko online, sedangkan para wanita lebih banyak berbelanja online di siang hari.

Data yang dikumpulkan pada dua minggu sebelum bulan Ramadan (22 April – 4 Mei 2017) dan dua minggu awal bulan Ramadan (27 Mei – 8 Juni 2017), juga menunjukkan pertumbuhan jumlah konsumen pria lebih besar dari wanita pada periode Ramadhan.

Konsumen baru pria meningkat 45 persen, sedangkan peningkatan konsumen baru wanita hanya sebesar 33 persen.

Mark Gungor peneliti dari iPrice Group menjelaskan, bahwa ada perbedaan antara otak wanita dan pria. Salah satu poin yang ia sampaikan ketika menjelaskan perbedaan pria dan wanita adalah “Men on a mission, women on a journey”.

Hubungannya dengan belanja online, pria cendrung berorientasi pada misi dan juga tugas, sedangkan wanita lebih berorientasi pada pencarian.

Konsumen pria mengetahui bahwa akan banyak diskon dan juga promosi khusus dari toko-toko online pada bulan Ramadhan. Sehingga, para pria yang memiliki misi atau ingin membeli sesuatu, memanfaatkan momentum Ramadhan untuk berbelanja online.

Hal ini yang menyebabkan jumlah pertumbuhan konsumen baru pria lebih tinggi dari wanita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com