Tips Meninggalkan Hewan Peliharaan Saat Mudik - Kompas.com

Tips Meninggalkan Hewan Peliharaan Saat Mudik

Kahfi Dirga Cahya
Kompas.com - 18/06/2017, 13:00 WIB
Thinkstockphotos Ilustrasi anjing peliharaan.

Masa mudik sudah tiba, banyak orang memanfaatkan waktu ini untuk pulang ke kampung halaman atau berlibur cukup lama. Salah satu kekhawatiran pemilik hewan peliharaan saat mudik adalah meninggalkan "Si Meong" atau "Si Guguk" di rumah sendirian.

Agar hewan-hewan kesayangan ini tidak terlantar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Menurut aktivis dan pecinta hewan, Melanie Subono, tak sedikit hewan peliharaan yang terserang serangan panas (heat stroke) saat ditinggal mudik.

"Dia terkena panas dan hujan lantaran ditaruh di tempat salah. Jakarta sangat panas dan terkadang hujan,” kata Melanie kepada Kompas Lifestyle saat acara Pets Day Out di Tangerang Selatan beberapa waktu lalu.

Melanie mengakui tak sedikit pemilik meninggalkan anjing saat mudik untuk menjaga rumah. Namun, menurutnya jangan ditinggalkan dalam keadaan terlantar dan tidak mendapatkan makanan.

“Taruhlah di tempat yang memungkinkan ia bisa lari ke atap untuk berteduh, jangan di bawah pohon,” kata dia.

Selain itu, dia menyarankan agar pemilik mencari orang yang bisa menjaga hewan-hewan tersebut. Minimal penjaga tersebut bisa memberikan makanan kepada anjing satu kali dalam sehari.

“Jangan ditinggalkan makanan buat tujuh hari. Hewan mana bisa membagi makanan untuk Senin, Selasa, Rabu,” kata dia.

Bila tak ada orang yang bisa diminta membantu, sebaiknya titipkan hewan peliharaan ke pet hotel alias penitipan khusus hewan.

PenulisKahfi Dirga Cahya
EditorLusia Kus Anna
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM