Pentingnya Gaya Hidup Sehat Belum Disadari - Kompas.com

Pentingnya Gaya Hidup Sehat Belum Disadari

Lusia Kus Anna
Kompas.com - 19/06/2017, 17:15 WIB
Thinkstockphotos Ilustrasi

Tak terbantahkan, menjaga asupan makanan dan aktivitas fisik merupakan fondasi untuk memilih tubuh yang sehat. Sayangnya, masih banyak orang yang tak tergerak meluangkan waktu untuk melakukannya.

Dalam survei "Asia Pacifik Balanced Nutrition Survey" yang diadakan oleh Herbalife terungkap bahwa 71 persen responden hanya makan 1-2 porsi buah perhari atau kurang dari anjuran yakni 5 porsi perhari.

Selain itu, 57 persen responden tidak minum cukup air sesuai rekomendasi 8 gelas per hari dan lebih dari setengah responden melakukan aktivitas fisik kurang dari satu jam, bahkan 11 persennya tidak melakukan aktivitas fisik apapun.

Survei ini dilakukan di 12 negara Asia Pasifik, yakni Australia, Hong Kong, Korea, Indonesia, Filipina, India, Jepang, Malaysia, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam, dengan total responden mencapai 6.000 orang.

Hasil survei juga mengungkap, sepertiga dari total responden mengatakan mereka memiliki faktor penghambat untuk menjalani pola hidup sehat dengan gizi seimbang dimana sebanyak 46 persen responden menyatakan mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk menjalani pola hidup sehat.

Sebanyak 41 persen beralasan kekurangan motivasi, 40 persen mengatakan kekurangan biaya untuk menjalani pola hidup sehat dengan gizi seimbang.

Alasan lainnya adalah tidaknyaman menjalani pola hidup sehat 34 persen dan sebanyak 26 persen responden mereka mengaku kekurangan informasi mengenai praktek pola hidup sehat.

Menurut David Heber, Chairman Herbalife Nutrition Institute and Nutrition Advisory Board, minimnya kesadaran untuk menjalankan pola hidup sehat merupakan faktor terbesar obesitas.

"Obesitas dapat mengganggu keseimbangan hormon dan fungsi tubuh sehingga meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit degeneratif seperti jantung koroner, stroke, diabetes hingga penyakit kanker," katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas Lifestyle.

Untuk menyebarluaskan pentingnya gaya hidup sehat, Herbalife melakukan Welness Tour 2017 di beberapa kota di Indonesia.

Senior Director & Country General Manager Herbalife Indonesia Andam Dewi mengatakan, kegiatan ini diisi dengan simposium dan kampanye yang melibatkan kalangan dokter dan pelaku medis serta distributor independen Herbalife.

PenulisLusia Kus Anna
EditorLusia Kus Anna
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM