Ketahui 3 Penyebab Pipi "Chubby" - Kompas.com

Ketahui 3 Penyebab Pipi "Chubby"

Kompas.com - 20/06/2017, 13:00 WIB
Thinkstockphotos Ilustrasi

Tak semua orang nyaman memiliki pipi tembam atau biasa disebut "chubby". Garis rahang dengan pipi semacam itu akan terlihat seperti huruf "U", bukan huruf "V" seperti pada pipi yang tirus.

Kedokteran estetika sebenarnya menawarkan solusi untuk mengatasi pipi yang tembam. Namun, menurut dokter spesialis kulit dan kelamin Jonathan Raharjo Subekti perlu diketahui dulu penyebab pipi "chubby".

Ada tiga penyebab yang umum terjadi sehingga pipi menjadi tembam. Kondisi pertama karena rahang besar sehingga tulangnya secara anatomi besar. Kemudian bisa diakibatkan karena otot untuk buat mengunyah menjadi besar. Terakhir adalah karena lemak di pipi.

"Nah, kalau mau atasi, kita harus lihat itu dulu. Jadi engak ada satu treatment untuk semua pipi chubby," kata Jonathan kepada Kompas Lifestyle saat saat peluncuran Hydrabio Essence Lotion dan Hydrabio Gel Creme dari Bioderma di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017).

Untuk kondisi pipi tembam karena lemak maka bisa meniruskan dengan pengambilan lemak secukupnya. Kemudian untuk kondisi otot pipi yang besar, bisa diatasi dengan penyuntikan Botullinum Toxin A atau biasa dikenal botox.

Sedangkan untuk tulang besar, perlu dilakukan operasi. Kondisi ini terjadi biasanya karena faktor genetik.

Dua kondisi yang paling umum terjadi adalah lemak di pipi dan otot besar. Jonathan membagikan tips agar otot mengunyah tidak besar adalah dengan mengatur aktivitas mengunyah.

Dia menganjurkan untuk tidak makan makanan keras karena akan membuat otot lebih keras bekerja sehingga membuat otot pipi menjadi besar. "Jangan sering makan permen karet dan yang enggak perlu, itu bisa jadi otot lebih besar," ujar Jonathan.


EditorLusia Kus Anna
Komentar
Close Ads X