Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2017, 20:28 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rasa letih, pegal dan kantuk adalah hal yang lumrah dirasakan saat mudik Lebaran. Kondisi itu membuat tubuh menjadi lemas dan harus segera dipulihkan.

Dr Rachmad Wishnu Hidayat SpKO mengatakan rasa pegal biasa terjadi pada otot punggung bagian bawah setelah duduk dua hingga tiga jam.

"Ketika dalam perjalanan mudik, kita dalam kendaraan dalam kondisi duduk. Ketika duduk dua hingga tiga jam pasti merasa pegal," kata Wishnu beberapa waktu lalu kepada Kompas Lifestyle.

Apalagi bila posisi duduk kita cenderung membungkuk, maka cepat menimbulkan rasa pegal di bagian punggung bawah.

Oleh karena itu, pemudik disarankan untuk peregangan setiap dua jam sekali. Peregangan dapat dilakukan dengan ragam cara.

"Melakukan peregangan bisa dengan duduk tegap, punggungnya diregangkan kemudian badan diputar ke kanan 90 derajat, kemudian tahan 20-30 detik kemudian ganti ke sisi lain. Diulang dua kali," kata Wishnu.

Bila mudik menggunakan motor, maka bisa berhenti dan melakukan peregangan serupa. Sementara bila mudik dengan pesawat, maka bisa berjalan di koridor.

Wishnu menambahkan peregangan tak membutuhkan waktu lama, cukup antara lima hingga sepuluh menit.

Sementara pemudik, terutama supir, bila mengalami rasa ngantuk, maka dianjurkan untuk tidur.

"Kalau kita ngantuk stop dulu tidur dulu. Obat ngantuk itu tidur, bukan kopi kafein atau energy drink. Jadi kalau di perjalanan siang atau sore ngantuk, stop di pom bensin, masjid, tidur sebentar sekitar setengah jam," kata Wishnu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com