Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2017, 16:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Menghadapi kemacetan panjang di musim mudik Lebaran membutuhkan kesabaran. Namun,  nasihat ini tentu tak berlaku untuk anak-anak. Perlu persiapan khusus agar anak tetap merasa nyaman di perjalanan.

Executive trainer Mothercare Dewi Nopiyanti mengatakan untuk mencegah anak ngambek karena rasa bosan di jalan, maka orangtua perlu beberapa persiapan. Bila anak ditaruh di car seat atau tempat duduk khusus anak, maka perlu diangkat setiap dua jam sekali.

Saat anak tidak duduk di kursinya, orangtua bisa memijat bayi dengan baby oil. "Hal ini supaya baby gak stres dan capek," kata Dewi kepada Kompas Lifestyle beberapa waktu lalu.

Selain itu, orangtua juga bisa beristirahat setiap dua jam sekali sambil menenangkan bayi. Dia tidak menganjurkan bila orang orangtua terus berkendara hingga enam jam tanpa istirahat.

Waktu istirahat juga bisa digunakan untuk mengganti popok dan membasuhkan air agar si kecil kembali segar.

Dewi menambahkan orangtua menyediakan beberapa kesukaan anak, seperti musik hingga mainan. Namun dia mengingatkan setelah anak diberikan mainan, maka tak boleh ditinggal sendiri. "Terkadang orangtua kasih mainan aja, tapi tak ada komunikasi. (Komunikasi) itu harus dijaga. Ibu harus bikin keceriaan di perjalanan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com