Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2017, 17:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Walau teknologi kedokteran semakin maju, tetapi masih banyak ketertinggalan yang dihadapi pria dalam hal kesehatan, misalnya saja usia harapan hidup yang lebih pendek dibanding wanita.

Berikut adalah beberapa fakta mengejutkan lainnya sepeutar kesehatan pria:

1. Berusia 5 tahun lebih pendek
Di banyak negara, usia harapan hidup kaum wanita memang lebih panjang dari pria. Bahkan, menurut beberapa statistik usia pria sekitar 5 tahun lebih pendek dibanding wanita.

2. Meninggal karena penyakit jantung
Penyakit jantung masih jadi pembunuh utama kaum pria. Yang memprihatinkan, menurut Harvard Health Publications, kini semakin banyak pria berusia muda yang terkena serangan jantung.

3. Malas ke dokter
Sebenarnya pria dan wanita sering malas ke dokter karena berbagai alasan, tetapi frekuensi pria mengunjungi ruang praktek dokter yang paling sedikit. Menurut sebuah survei, ada tiga penyebabnya yaitu terlalu sibuk, takut mengetahui ada penyakit, dan tidak nyaman dengan pemeriksaan yang dilakukan dokter.

4. Kecanduan merokok
Sekitar 40 persen pria di seluruh dunia merokok, sedangkan pada wanita hanya 9 persen. Demikian menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

5. Rentan bunuh diri
Kaum wanita sebenarnya merupakan kelompok yang paling sering mengalami depresi dan melakukan percobaan bunuh diri yang tidak fatal. Tetapi, pria justru lebih sering berhasil melakukan bunuh diri.

Salah satu penyebabnya kemungkinan karena pria sering malas mencari bantuan kesehatan saat mengalami depresi atau gangguan mental.

6. Rentan kecelakaan
Dibanding wanita, para pria memang lebih sering terlibat dalam perilaku yang beresiko, seperti kebut-kebutan di jalan raya, tidak menggunakan helm atau sabuk pengaman, serta menggunakan alkohol berlebihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com