Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat Apa Menampilkan Kebahagiaan Palsu di Media Sosial?

Kompas.com - 21/06/2017, 20:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Sumber nypost.com

Membangun citra diri yang positif di media sosial memang perlu, tetapi jangan sampai melakukan kebohongan.

Berdasarkan riset dari Learnvest, 56 persen generasi milenial mengakui mereka mengunggah foto di media sosial agar dinilai mampu berlibur atau makan di tempat yang lebih mahal dibanding kehidupan mereka sebenarnya. Survei itu dilakukan terhadap 1.000 responden.

Tak sedikit pula orang yang sampai berhutang untuk membiayai gaya hidup palsu dari yang sebenarnya mereka mampu. Ada juga orang yang membuat kebohongan di media sosial agar hidupnya dinilai sempurna dan bahagia.

Menurut Fran Walfish, ahli psikoterapi, banyak orang nekat melakukan pembohongan kepada pengikut di media sosial karena mereka ingin menimbulkan kecemburuan dan membuat diri mereka lebih disukai, terutama untuk para mantan dan pasangan mereka saat ini. Namun, ada juga karena alasan nilai materialistis.

Selain itu, berdasarkan studi tahun 2012 yang dipublikasi di Journal of Personality and Social Psychology, generasi milenial memang lebih mengutamakan uang, penampilan dan ketenaran.

Apa pun alasannya, yang jelas unggahan tersebut berdampak negatif. Sebagian besar generasi milenial mengatakan merasa tertekan mengikuti gaya hidup orang yang dilihatnya di media sosial.

Pengeluaran pun akan bertambah karena tergiur memiliki gaya hidup teman yang dianggapnya sempurna. Menurut survei, tak sedikit orang yang membiayai sesuatu di luar kemampuannya, misalnya berlibur, gara-gara melihat foto keren orang lain di media sosial sedang liburan di tempat eksotis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com