Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2017, 12:35 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Tidur siang bukanlah pengganti tidur malam yang kurang. Walau begitu, tidur siang memang bisa mengisi kembali energi dan konsentrasi yang mulai redup di siang hari.

Ada banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa tidur siang adalah kegiatan yang kaya manfaat. Mulai dari meningkatkan perfoma, kewaspadaan, konsentrasi, dan juga penilaian.

Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) bahkan juga tertarik untuk meneliti manfaat tidur siang. Tim ilmuwan mereka kemudian melakukan penelitian pada astronot. Terungkap, tidur siang selama 25 menit bisa meningkatkan kewaspadaan sampai 16 persen dan ketepatan keputusan sampai 35 persen.

Saat kita tidur siang sebentar, bagian otak yang selalu aktif selama kita terjaga akan beristirahat. Seperti halnya otot yang lelah kembali diperbaharui saat istirahat, begitu pula otak kita.

Beberapa studi menyebutkan tidur siang yang efektif adalah yang berdurasi 10 menit, namun mayoritas menyatakan bahwa tidur siang kurang dari 30 menit direkomendasikan.

Sebaliknya, tidur siang lebih dari 30 menit justru kontraproduktif. Ini karena tidur siang yang terlalu lama bisa membuat kita justru merasa pusing dan lesu saat bangun.

Para ahli menyebut kondisi itu sebagai "sleep inertia" yang terjadi saat kita terbangun di tengah siklus tidur dalam. Rasa lelah dan pusing merupakan cara tubuh untuk meminta kita tidur lagi menuntaskan siklus tidur.

Tidur dalam secara umum belum terjadi selama 30 menit kita tidur. Itu sebabnya para ahli merekomendasikan tidur siang sebaiknya tak lebih dari setengah jam. Tidur siang yang terlalu lama juga bisa mengganggu tidur malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com