Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2017, 11:01 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sebagian besar wanita mengandalkan lipstik untuk tampil cerah dan segar. Namun, ada kabar yang menyebutkan bahwa produk kosmetik ini mengandung timbal (lead) yang bisa menyebabkan kanker.

Mayoritas produk lipstik terbuat dari tiga kandungan dasar: lilin (wax), minyak, dan pigmen (pewarna). Kandungan lilin akan memberikan bentuk dan tekstur, sementara minyak yang biasa dipakai adalah lanolin, petrolatum, kokoa, castor, dan mineral, akan memberikan kelembaban.

Kandungan minyak juga akan mengubah intensitas formula lipstik, makin banyak kadar minyaknya berarti warnanya tidak akan terlalu pekat, sementara pigmen yang lebih tebal berarti minyaknya sedikit.

Jika Anda khawatir dengan kandungan timbal, menurut ahli kimia kosmetik Nick Morante, zat kimia ini tidak sengaja ditambahkan dan tidak berbahaya.

"Jumlah timbalnya sangat kecil dan ini adalah hasil sampingan normal dari proses pembuatannya," kata Morante seperti dikutip dari WebMD, situs kesehatan terpercaya.

Selain itu, badan pengawas obat dan makanan AS (FDA) juga menyebutkan bahwa kandungan timbal dalam produk lipstik masih di bawah standar yang ditetapkan.

Para ahli mengatakan, kandungan metal juga bisa ditemukan dalam makanan dan paparan dari produk lipstik jauh lebih kecil. Walau begitu, ibu hamil dan remaja sebaiknya berhati-hati terhadap paparan zat kimia dari lingkungan, termasuk dari produk kosmetik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com