Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/07/2017, 08:34 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com -  Proses penyikatan gigi yang tidak tepat dapat menyebabkan plak di gigi menumpuk dan mengeras atau biasa di sebut karang gigi. Kondisi ini jangan dibiarkan karena karang gigi bisa menjadi tempat bakteri di mulut bersarang dan dalam jangka panjang menyebabkan gigi berlubang.

Pembersihan karang gigi yang efektif adalah dengan ke dokter gigi. Idealnya kita memeriksakan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Walau demikian, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi plak di gigi menggunakan resep rumaha.

Bahan-bahan yang diperlukan

1 sendok makan baking soda
1/2 cangkir air mineral
1/2 sendok teh air asin
1/2 gelas hidrogen peroksida
1/2 cangkir air hangat
1/2 cangkir air dingin
Obat kumur antiseptik
Sikat gigi
Benang gigi

Penggunaan

Campur baking soda dengan garam, lalu basahi sikat gigi Anda dengan air hangat dan celupkan ke dalam campuranan tersebut. Gosok gigi Anda dengan lembut.

Langkah selanjutnya adalah menggabungkan hidrogen peroksida dengan air hangat dan kumur-kumurlah dengan campuran tersebut sekitar satu menit. Setelah itu, bilas atau kumur-kumur dengan setengah cangkir air dingin.

Selanjutnya, angkat noda kuning yang menempel pada gigi Anda dengan benang, tapi hati-hati jangan sampai menggores gusi karena benang itu bisa merusaknya. Terakhir, bilas mulut Anda dengan obat kumur antiseptik. Untuk hasil terbaik, sebaiknya ulangi prosesnya setiap dua hari sekali.

Selain menggunakan bahan-bahan kimia seperti diatas, rupanya dengan menggunakan buah-buahan pun bisa membantu mengurangi bahkan membersihkan plak gigi.

Anda bisa menggunakan stroberi dan tomat serta makanan kaya vitamin C lainnya. Cukup potong buah ini menjadi dua dan gosok ke gigi Anda, kemudian biarkan ia bekerja selama 5 menit. Anda juga bisa melakukan hal yang sama dengan lemon, jeruk, pepaya atau jeruk bali.
Ini akan melunakkan plak dan memudahkan pengangkatan. Selanjutnya, bilas mulut Anda dengan campuran baking soda dan air hangat.

Tips

Konsumsilah makanan yang lebih pedas untuk mencegah akumulasi plak pada gigi Anda. Makanan pedas merangsang produksi air liur yang bisa membersihkan mulut Anda secara alami.

Menyikat gigi juga sangat penting, coba gerakkan sikat secara vertikal dan jangan lupa membersihkan ruang antara gigi dan gusi. Selain menggunakan obat kumur, menggosok gigi Anda dengan kulit jeruk sebelum tidur juga cukup membantu membunuh bakteri di rongga mulut Anda agar tetap sehat dan bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com