Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemarahan Wanita Lebih Besar Saat Mengetahui Pasangannya Selingkuh

Kompas.com - 11/07/2017, 10:13 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Kemarahan wanita cenderung lebih besar bila dibandingkan dengan kemarahan pria saat mengetahui pasangannya berselingkuh di media sosial. Hal tersebut terungkap dalam riset yang dipimpin oleh para peneliti dari Cardiff Metropolitan University di Inggris.

Para peneliti menyelidiki keterkaitan kecemburuan seksual atau emosional yang sering dijadikan alasan munculnya kekerasan dalam rumah tangga seperti dilansir dari laman The Economic Times.

Ketidaksetiaan pasangan atau rasa curiga yang berlebihan memang dapat menimbulkan masalah yang berujung kekerasan dalam rumah tangga.

Sebagai bagian dari penelitian ini, 21 pria dan 23 wanita dikirimi pesan yang sama di akun media sosialnya seperti Facebook. Pesan singkat yang dikirimkan ke akun media sosial peserta berbunyi:

"Kamu pasti adalah pasangan jiwaku! Meski kita belum tidur bersama," (perselingkuhan emosional) dan "Kamu adalah pasangan semalam terbaik yang pernah saya temui," (perselingkuhan seksual).

Para peneliti kemudian mengamati reaksi yang muncul ketika pasangan wanita atau prianya membaca pesan tersebut. Rupanya, wanita bagaimanapun juga, lebih marah daripada pria dalam menanggapi pesan emosional.

Baca: Kapan Cemburu Dianggap Wajar dan Tidak Berlebihan?

Selain itu, wanita juga secara signifikan lebih kecewa saat mendapati pasangannya melakukan perselingkuhan. Apalagi isi pesan tersebut dikirimkan oleh orang lain yang dianggapnya lebih cantik dari dirinya.

Bagi pria, saat membacanya, meski ada rasa cemburu namun tidak langsung bereaksi. Para pria umumnya akan bereaksi saat dirinya kembali mengingat isi pesan tersebut saat bersama dengan pasangan wanitanya.

Baca: Pria Selingkuh Bukan Cuma karena Bosan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com