Cokelat Memang Sahabat Otak - Kompas.com

Cokelat Memang Sahabat Otak

Iwan Supriyatna
Kompas.com - 12/07/2017, 11:16 WIB
IlustrasiShutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Selain rasanya yang lezat, ternyata coklat juga memiliki manfaat kesehatan yang baik pada peningkatan kinerja otak. Hal tersebut telah dibuktikan oleh sejumlah ilmuan di Italia.

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh lima ilmuwan di Italia, senyawa yang ditemukan dalam cokelat yang disebut flavanols dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif otak.

Para ilmuwan, yang berasal dari Universitas Roma dan L'Aquila, menganalisa penelitian dari 10 studi yang berbeda. Studi tersebut menilai kinerja responden pada tes kognitif, sebelum dan sesudah makan cokelat. Hasilnya cukup jelas, sembilan dari 10 penelitian menunjukan ada peningkatan yang nyata setelah subjek memakan cokelat tersebut.

Para ilmuwan menemukan perbaikan dalam kognisi umum, perhatian, kecepatan pemrosesan, dan memori kerja otak.

Pada subjek wanita yang merasa kurang tidur, flavanols membantu menangkal efek negatif kurang tidur. Para periset juga menemukan bahwa mengonsumsi cokelat setiap hari (mulai dari lima hari sampai tiga bulan) menghasilkan perbaikan jangka panjang yang nyata dalam kognisi otak.

Pada orang tua yang ingatannya sudah menurun, konsumsi cokelat juga dipercaya akan  mengurangi efek pikun.

Pada dasarnya semua cokelat memiliki flavanol karena semuanya terjadi secara alami pada kakao. Namun, pecinta cokelat hitam pasti lebih bersuka cita, karena cokelat jenis ini memiliki lebih banyak flavanol dibanding jenis cokelat lainnya.

PenulisIwan Supriyatna
EditorLusia Kus Anna
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM