Negara Manakah yang Penduduknya Paling Malas Berjalan? - Kompas.com

Negara Manakah yang Penduduknya Paling Malas Berjalan?

Wisnubrata
Kompas.com - 16/07/2017, 10:44 WIB
Ilustrasi jalan kakidanielvfung Ilustrasi jalan kaki

KOMPAS.com - Dalam penelitian menggunakan data smartphone untuk melacak aktivitas fisik yang dilakukan lebih 700.000 orang di 111 negara, penduduk China keluar sebagai warga paling aktif berjalan kaki. Sedangkan negara yang penduduknya paling tidak aktif berjalan adalah... Indonesia!

Penelitian oleh Universitas Stanford yang dipublikasikan di journal Nature Juli 2017, menyebutkan warga Indonesia rata-rata hanya berjalan sebanyak 3.513 langkah, atau sekitar 2,5 kilometer setiap harinya.

Sebaliknya, warga China rata-rata berjalan 6.189 langkah atau sekitar 4,8 kilometer setiap hari, diikuti penduduk Jepang, Spanyol, dan Inggris. Salah satu bagian China, yakni Hongkong bahkan memiliki penduduk yang paling banyak berjalan dengan rata-rata 6.880 langkah per hari.

Sedangkan penduduk Amerika juga termasuk yang sulit beranjak dari tempat duduknya, dengan rata-rata 4.774 langkah per hari. Secara keseluruhan, rata-rata penduduk dunia berjalan 4.961 langkah tiap hari.

Baca: Mengapa Kita Harus Jalan Kaki Lebih dari 10.000 Langkah Tiap Hari

Rata-rata langkah berjalan penduduk dunia per haristanford Rata-rata langkah berjalan penduduk dunia per hari
Penelitian ini juga mengukur apa yang disebut sebagai “ketidakseimbangan aktivitas” yakni perbedaan antara orang-orang yang paling banyak melangkah dibandingkan yang paling sedikit dalam suatu negara. Hal ini diyakini terkait dengan obesitas.

“Perbedaan antara mereka yang sangat aktif dengan yang tidak ini merupakan indikasi tingkat kegemukan dalam sebuah masyarakat di suatu negara,” ujar Scott Delp, salah satu peneliti dalam pernyataannya.

Ketidakseimbangan aktivitas ini merupakan petunjuk yang lebih baik soal tingkat obesitas di suatu negara dibanding rata-rata jumlah langkah yang diambil penduduk negara itu. Makin besar jaraknya, makin tinggi pula tingkat obesitas yang ditemui.

Sebagai contoh, Swedia memiliki perbedaan terkecil antara mereka yang paling aktif dan paling tidak aktif. Negara itu sekaligus menjadi negara dengan tingkat obesitas terendah.

Amerika Serikat dan Meksiko memiliki penduduk dengan tingkat rata-rata langkah yang sama, namun di AS ketidakseimbangan aktivitas lebih besar, dan begitu juga dengan tingkat obesitas warganya.

Baca: Mengapa Kita dengan Mudah Menjadi Gemuk Lagi?

Dalam hal ketidakseimbangan aktivitas, Amerika menduduki peringkat ke lima di bawah Arab Saudi, Australia, Kanada, dan Mesir.

Kembali pada soal banyaknya langkah, Malaysia menduduki peringkat ke dua setelah Indonesia sebagai negara yang warganya paling jarang berjalan kaki dengan rata-rata 3.963 langkah tiap hari, diikuti Arab Saudi  dengan 3.807 langkah.

PenulisWisnubrata
EditorWisnubrata
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM