Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Endah N Rhesa untuk Tur 5 Kota Sambil Bersepeda

Kompas.com - 19/07/2017, 10:13 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir setiap orang merasa kesal dengan kemacetan lalu lintas. Bukan hanya membuat waktu terbuang, juga energi dan pikiran. Hal serupa juga dialami oleh duo musisi Endah Widiastuti (vokal dan gitar) dan Rhesa Aditya (bass) yang lebih dikenal sebagai Endah N Rhesa.

"Pernah karena macet, mood saya jadi hancur sebelum tampil dan itu sangat tidak enak," kata Endah saat konferensi pers PassionVille 2017 di Dia.Lo.Gue, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (18/7/2017).

Rasa frustasi dengan kemacetan pula yang akhirnya membuat Endah N Rhesa keluar dari rutinitas naik mobil. Sudah empat bulan terakhir pasangan suami istri ini memilih bersepeda untuk aktivitasnya. Mulai dari ke studio untuk latihan atau ke tempat-tempat meeting dengan rekan kerja di Jakarta.

Bahkan, beberapa kali Endah n Rhesa menggowes ke tempat manggung di Jakarta. "Misal seperti Pamulang-Ragunan, Pamulang-Pasar Grogol, Pamulang-Gambir dan dari Pamulang ke sini (Kemang) tadi juga pakai sepeda," kata Endah yang mengatakan Pamulang adalah rumah mereka berdua.

Tur bersepeda

Berangkat dari hobi baru itu, Endah N Rhesa pun tertarik mencoba hal baru, tur musik bersepeda. Tur bersepeda ini diberi nama "Endah n Rhesa X PassionVille".

Rencananya, mereka akan menyambangi tujuh kota dengan bersepeda, namun mereka hanya mengadakan acara di lima kota, yakni Semarang, Solo, Jogja, Malang dan Surabaya.

"Nah di lokasi itu kami enggak akan manggung di panggung besar, tapi di sudut-sudut kota dan lebih interaktif karena sambil ngobrol dengan teman-teman di sana," kata Rhesa yang juga akan membagikan ilmu soal manajemen.

Sesi pertama tur ini dilakukan dari tanggal 24 Juli - 28 Juli dengan rute Semarang-Salatiga-Solo-Jogja. Sesi kedua dari tanggal 7 Agustus - 9 Agustus dengan rute Malang-Sidoarjo-Surabaya.

Dalam perjalanannya, mereka berdua akan ditemani oleh dua orang, yakni manajer, Rendi Raditya dan satu tim dokumentasi.

"Ada empat sepeda, saya pakai Road bike," kata Endah. "Tiga lagi pakai sepeda touring yang benar-benar nyaman buat nanjak," tambah Rhesa yang turnya didukung oleh Rodalink.

Endah menambahkan perjalanan ini membutuhkan persiapan matang. Sebab, lintasan yang dilalui cukup jauh dan menanjak. Misal seperti Semarang-Salatiga yang harus melalui banyak tanjakan. Oleh karena itu, persiapan mental dan fisik pun harus dilakukan.

Untuk persiapan fisik, pemilik album "Seluas Harapan" ini juga menyiapkan diri dengan baik. Endah misalnya yang sudah dua tahun belakangan tidak pernah absen berlatih fitness. "Kami juga jaga makanan kami, misal banyak konsumsi protein, karbohidrat secukupnya dan tidur cukup," ujar Endah.

Persiapan mental juga menjadi perhatian pasangan ini. Endah misalnya yang merasa ragu dengan trek tanjakan. Namun, persiapan mental tersebut dilakukan dengan rutin latihan di trek-trek serupa. "Karena membiasakan itu, jadi bisa dan mentalnya jadi terbentuk," kata Endah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com