Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2017, 12:17 WIB

KOMPAS.com - Bekerja di era yang serba digital kerap dianggap sebagai tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Padahal, platform digital justru ada untuk memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

Namun, bagi generasi senior seperti kita ini, tetap saja digital dianggap momok, bukan karena tak bisa, lho. Hanya saja karena belum mengenal secara dekat.

Nah, berikut panduan dan tips ini dalam memanfaatkan media digital pasti akan memudahkan Anda dalam mengoptimalkan cara bekerja di era digital saat ini.

1. Update teknologi

Satu hal yang harus Anda kuasai ketika dihadapkan dengan dunia kerja yang serba digital adalah harus menguasai teknologi.

Tak perlu harus ahli di dunia digital, cukup dengan mulai peka dan aktif menggunakan media sosial Anda sehari-hari, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya.

2. Multitasking

Media digital memungkinkan kita untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Maka, alangkah baiknya jika Anda bisa bekerja secara multitasking.

Seorang sales, misalnya, bisa ditugasi untuk menulis deskripsi produk, mengunggah foto atau video produk di website, mengurusi angka penjualan, sekaligus menjawab pertanyaan dan keluhan kliennya.

3. Manner still matters

Meski Anda bisa menyelesaikan pekerjaan Anda tanpa perlu sering-sering bertatap muka dengan klien dan rekan kerja, Anda tetap harus menjaga attitude dan mengedepankan etika ketika menggunakan media digital.

Contohnya, tetap berlaku sopan saat menghubungi klien lewat e-mail atau menulis informasi di media sosial.

4. Bangun citra diri di dunia online

Zaman sekarang, perusahaan seringkali memanfaatkan situs pencari seperti Google untuk mencari informasi tentang Anda.

Oleh karena itu, muatlah berbagai informasi menarik dan berguna untuk pekerjaan Anda di media sosial, blog, atau website pribadi Anda.

5. Bergabung dalam grup atau forum

Anda bisa memperluas jaringan pertemanan Anda dengan cara menggabungkan diri ke berbagai grup atau forum di media online yang sesuai dengan pekerjaan Anda.

Misalnya, Anda bisa bergabung dengan grup career woman di Facebook, atau forum khusus para online marketers. (Nova.grid.id/Amanda Hanaria)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber NOVA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com