Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2017, 18:00 WIB
Ayunda Pininta,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anda mungkin berkali-kali mendengar bahwa usia hanyalah sebuah angka, namun bagi sebagian orang di usia 40an dan telah menjadi orang tua, istilah tersebut ternyata tidak cukup meyakinkan.  

Namun, menurut peneliti dari University of Waterloo, menjadi tetap “muda” di usia yang terus bertambah sangatlah mungkin.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 1.100 orang dewasa dari usia 40an sampai usia 70an selama periode 10 tahun, peneliti mendapati bahwa semangat jiwa muda dapat "diadopsi" oleh siapapun di usia manapun.

Semangat itu digambarkan dengan menjalani diet sehat anti-penuaan, memiliki target dan pencapaian olahraga, melakukan perawatan kulit, memiliki hobi atau aktivitas rutin menyenangkan, dan hal-hal lain yang membuat seseorang bisa tetap merasa bugar dan sehat layaknya orang yang lebih muda.

Hal menariknya, orang-orang dengan semangat jiwa muda ternyata tak hanya lebih bugar dan sehat, mereka juga didapati lebih puas dengan kehidupan seks mereka, ungkap studi yang diterbitkan dalam Journal of Sex Research.

Para peserta yang masuk dalam kategori berjiwa muda cenderung melaporkan kehidupan seks yang berkualitas tinggi dan lebih bergairah untuk berhubungan seks dengan pasangannya. Bahkan, ini juga berlaku bagi peserta yang sudah berusia 65 tahun.

Sebaliknya, peserta yang yang merasa “tua” karena usia yang bertambah atau statusnya yang telah menjadi orang tua, cenderung merasa kurang puas dengan kehidupan seks mereka dan sering merasa tidak bergairah secara seksual.

"Bagi orang-orang di usia pertengahan sampai akhir hayat, merasa muda di hati benar-benar membuat perbedaan di ranjang. Dan kabar baiknya, jiwa muda bisa menular. Sehingga memiliki rekan-rekan yang berjiwa muda dapat memberi banyak keuntungan bagi kehidupan seksual Anda, " kata Steven Mock, seorang profesor bidang Recreation and Leisure di Waterloo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com