Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2017, 08:25 WIB
Aningtias Jatmika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pusat perbelanjaan atau mal telah menjadi area pusat kuliner bagi kaum urban. Beragam makanan bisa dipilih sesuai selera. Meski bisa memanjakan lidah dan memuaskan perut, asupan gizi dari makanan yang dipilih pun harus diperhatikan.

Memang, makanan di mal identik dengan makanan cepat saji yang sering kali luput dari perhitungan nilai gizi. Namun, seiring berkembangnya kesadaran akan pola hidup sehat, sajian makanan sehat, termasuk kudapan semakin mudah didapat, bahkan di pusat-pusat perbelanjaan.

Kompas.com merangkum sejumlah rekomendasi camilan makanan sehat yang bisa menjadi pilihan menu saat menghabiskan waktu di mal.

1. Jus
Jus biasanya dibuat dari satu atau beberapa macam buah. Jus dapat diproses langsung dengan blender biasa kemudian disaring ampasnya hingga menghasilkan sari buah murni.

Jus juga dapat dibuat dengan mesin pembuat jus yang dilengkapi penyaring atau ekstraktor. Umumnya, tidak perlu tambahan lain untuk membuat jus, kecuali sedikit gula.

Ada begitu banyak pilihan tempat yang menyediakan jus di mal, dari restoran biasa hingga kios khusus yang memang hanya menjadikan jus sebagai pilihan menu.

Ilustrasi smoothies. Ilustrasi smoothies.

2. Smoothie
Jus dan smoothie memang tampak serupa. Namun, keduanya dibuat dengan cara yang berbeda. Smoothie dibuat dengan memblender beberapa jenis buah dan sayur, dengan tambahan lain seperti susu, yoghurt, atau cokelat.

Saat ini smoothie banyak disajikan dalam wadah mangkuk (smoothie bowl) dan kemudian dicampurkan dengan beragam topping, seperti buah dan sayuran potong, biji-bijian, hingga kacang-kacangan.

Beberapa kios menjadikan smoothie sebagai menu andalannya, misalnya The Good Stuff yang berada di Mal Central Park dan Kemang Village, Cocobeet yang berada di Senayan City, atau Smoo Bowl yang berada di Pacific Place.

3. Salad
Salad merupakan makanan yang terdiri atas buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, atau seafood. Untuk menambah rasa, biasanya salad ditambahkan dengan dressing atau campuran seperti mayones atau minyak zaitun.

Kios yang menjadikan salad sebagai hidangan utamanya, di antaranya SaladStop! Di Senayan City, The Good Stuff, SaladGo! di fX Sudirman, dan Salad Bar di Pacific Place.

Salah satu menu salad bowl di gerai The Good StuffLius Yansen Salah satu menu salad bowl di gerai The Good Stuff

4. Yoghurt
Berbahan susu dengan proses fermentasi menjadikan yoghurt cemilan sehat yang menyegarkan.

Yoghurt yang mengandung bakteri baik ini dipercaya membawa sejumlah manfaat, mulai dari meperlancar pencernaan hingga mencegah tekanan darah tinggi.

Produk yoghurt pun semakin mudah ditemui. Saat ini, produk yoghurt beku atau frozen yoghurt (froyo) juga banyak digandrungi, sebut saja Sour Sally, Llao Llao, Heavenly Blush, dan Yogen Fruz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com