Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2017, 12:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Meningkatnya usia harapan hidup penduduk membuat masa pensiun para pekerja seharusnya juga perlu penyesuaian. Menurut pakar panjang umur dari Jepang, usia ideal seseorang untuk pensiun seharusnya 65 tahun.

Dr.Shigeaki Hinohara (105), peletak dasar kedokteran di Jepang, dalam sebuah wawancara dengan Japan Times mengungkapkan beberapa saran agar panjang umur dan hidup sehat. Salah satu diantaranya adalah jika Anda harus pensiun, maka lakukan di usia minimal 65 tahun.

Hinohara adalah dokter dan kepala emeritus di St.Luke's International University. Ia adalah salah satu tokoh yang membantu Jepang menjadi negara acuan dalam hal jumlah penduduk yang panjang umur.

Dalam sebuah wawancara ia mengatakan bahwa usia pensiun karyawan di Jepang 65 tahun, ditetapkan ketika usia harapan hidup rata-rata penduduknya 68 tahun. Kini, orang hidup lebih lama lagi. Usia harapan hidup penduduk Jepang di tahun 2015 mencapai 84 tahun. Menurut Hinohara, seharusnya usia pensiun juga lebih panjang lagi.

Hinohara adalah orang yang melakukan apa yang ia sampaikan. Beberapa bulan sebelum kematiannya pada 18 Juli 2017 di Tokyo, The New York Times melaporkan Hinohara tetap bekerja seperti biasa. Ia masih merawat pasien, membuat perjanjian penulisan buku untuk 5 tahun lagi, dan bekerja sampai 18 jam sehari.

"Ia percaya bahwa hidup adalah tentang kontribusi, sehingga ia selalu punya dorongan untuk membantu orang lain. Ia bangun pagi dan melakukan banyak hal untuk orang lain. Ia selalu punya tujuan harian, hari esok, dan target lima tahun lagi,' kata Kawaguchi, salah satu muridnya.

Selain hidup aktif dan terus bekerja, Hinohara juga memiliki beberapa tips untuk hidup sehat dan panjang umur, antara lain makan dengan sehat, tidur cukup, dan selalu bergembira.

Menurut dia, jika kita ingin panjang umur sebaiknya jangan sampai kegemukan. "Untuk sarapan, saya minum kopi, minum susu, dan jus jeruk yang dicampur satu sendok minyak zaitun. Makan siang saya susu dan beberapa kue. Makan malam berisi sayuran, sedikit nasi dan ikan, serta dua kali seminggu makan 100 gram daging tanpa lemak," katanya.

Hinohara juga menyarankan agar kita aktif secara fisik, misalnya memilih naik tangga dan membawa belanjaan sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com