Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2017, 18:36 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kapan waktu terbaik untuk bercinta? Bila pertanyaan ini dikaitkan dengan tingkat energi dan manfaat untuk membangun suasana hati, maka jawabannya adalah pagi hari.

Bercinta beberapa saat setelah bangun tidur di pagi hari terbukti bisa meningkatkan mood dan energi sepanjang hari, selain juga menurunkan tekanan darah, begitu menurut penelitian yang dilakukan Forza Supplements.

Peneliti yang melakukan riset untuk perusahaan itu mengamati ritme tubuh dari 1.000 orang responden. Mereka diminta mencatat kapan waktu yang dirasa terbaik untuk melakukan kegiatan seperti berolahraga, makan siang, ataupun bercinta.

Hasilnya, kebanyakan orang menyebut jam 7.30 adalah waktu paling tepat untuk bercinta karena akan membuat mood membaik sepanjang hari dan mereka tidak terlalu stres setelahnya. Selain itu, tingkat testosteron pria mencapai puncak di pagi hari, sehingga umumnya pria lebih bergairah.

Sementara, waktu terbaik untuk bangun tidur dan memulai hari adalah pukul 6.45 setelah Anda cukup istirahat selama tujuh hingga sembilan jam.

Sedangkan waktu yang paling banyak dipilih untuk olahraga kardio adalah sekitar pukul 7.00 sebelum sarapan, karena bisa membakar lemak lebih banyak. Alasannya, kadar gula darah, insulin, dan glikogen berada di bawah normal setelah semalaman tidak mendapat pasokan makanan.

Lebih dari 80 persen yang disurvey juga menyebutkan sarapan pukul 7.15 bisa membantu mereka mengurangi kegemukan.

Baca: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan?

Lalu kapan saat mulai bekerja terbaik? Kebanyakan orang memilih pukul 9.45 alias tiga jam setelah bangun pagi, sebagai waktu dimana produktivitas tinggi karena pada saat itu tingkat konsentrasi memuncak.

Partisipan juga menyebut bahwa istirahat sejenak pukul 10.45 atau satu jam kemudian, saat tingkat stres mencapai puncak. Hal itu diyakini bisa membantu mereka memiliki lebih banyak tenaga untuk menyelesaikan pekerjaan sepanjang hari.

Makan siang dilakukan pukul 12.15 dan makan malam pukul 18 atau 6 sore agar berat badan lebih terjaga. Bila seseorang ingin minum bir, maka waktu paling tepat yang dipilih adalah pukul 18.10. Sedangkan jika yang dipilih adalah berlatih beban, 52 persen menyebut waktu paling tepat adalah sekitar pukul 18.30 setelah selesai bekerja.

Adapun waktu makan snack dipilih pada sekitar pukul 15.30, saat kita mulai jenuh di di tempat kerja, dan waktu favorit untuk nonton TV adalah pada pukul 20.15.

Tidur, disarankan pukul 22.10 agar mendapatkan istirahat yang berkualitas menyesuaikan ritme tubuh.

"Walau pilihan orang tidak sama persis, namun rata-rata memiliki waktu favorit serupa untuk melakukan aktivitas yang membuat mereka merasa lebih sehat dan bahagia dalam hidupnya," ujar managing director Forza Supplements, Lee Smith.

Kembali soal waktu bercinta, jika pertanyaannya terkait dengan jam hormonal manusia, maka yang paling tepat adalah sekitar pukul 15.00. Jadi mengapa tidak melakukannya dua kali sehari?

Baca: Kapan Waktu Terbaik Untuk Bercinta?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com