BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dan Milo

Jangan Dilarang, Lari Punya Banyak Manfaat bagi Anak-anak

Kompas.com - 11/08/2017, 13:05 WIB
Aningtias Jatmika

Penulis

KOMPAS.com - Lari merupakan olahraga yang cocok untuk beragam usia, termasuk untuk anak-anak. Lewat olahraga ini, anak-anak akan belajar mengenal gaya hidup sehat dan nilai-nilai positif berolahraga.

Laman Active Kids, Kamis, (22/10/2015) menyebutkan bahwa lari adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Lihat saja bagaimana mereka selalu berlarian saat berada di tempat yang lapang.

Jadi, akan lebih baik jika energi yang biasa mereka pakai untuk berlari diarahkan ke olahraga. Di samping itu, lari termasuk olahraga yang terjangkau karena tidak membutuhkan peralatan mahal. Bekalnya, hanya sepatu lari dan baju yang nyaman.

Bagi anak-anak, lari juga mudah dipelajari. Sejak kecil anak-anak sudah terbiasa berlari-larian meskipun tanpa belajar. Aturan dalam berlari cukup sederhana—larilah di jalur yang ada—sehingga mudah dipahami oleh anak-anak.

Sebenarnya, lari merupakan dasar dari berbagai cabang olahraga, misalnya sepakbola, basket, tenis, baseball, juga lompat tinggi.

(Baca juga: Ini Rahasia Agar Anak Tetap Bahagia dan Jadi Juara)

Sementara itu, dari sisi kesehatan, mengutip laman Real Buzz dalam artikel berjudul “Is Running Good For Kids?”, lari dapat memperkuat tulang dan otot, membantu meningkatkan koordinasi tubuh, dan melatih sistem kardiovaskular pada anak.

Lari untuk anak

Pakar olahraga John Rowley berpendapat, kebiasaan olahraga memiliki banyak manfaat bagi anak. Di antaranya, dapat meningkatkan harapan hidup, menurunkan risiko gangguan kesehatan, mendongkrak performa di sekolah, serta membentuk karakter.

Namun, ia menekankan bahwa orangtua tidak bisa mengharapkan anak untuk memikirkan manfaat kesehatan saat berolahraga.

“Prioritas utama mereka adalah bermain dan bersenang-senang. Sebagai orangtua, penting bagi Anda untuk membuat olahraga sama menariknya seperti bermain," ungkap Rowley, seperti ditulis Kompas.com, Kamis, (15/1/2015).

(Baca juga: Simak Pentingnya Main Sambil Olahraga dengan Buah Hati Anda)

Untuk itu, olahraga tersebut harus dibuat semenyenangkan mungkin. Pun ada baiknya jika orangtua ikut serta menemani anak saat melakukan aktivitas tersebut.

Selain memberikan contoh langsung tentang hidup sehat, momen lari bersama keluarga bisa mempererat hubungan antara orangtua dan anak.

Khusus di  Jakarta, momen itu bisa dengan mudah didapatkan apalagi ada banyak ajang lari khusus yang rutin diadakan. 

Ribuan peserta maraton mengikuti ajang MILO Jakarta International 10K pada Minggu, 23 Juli 2017 di Jalan HR Rasuna SaidArdiles Rante Ribuan peserta maraton mengikuti ajang MILO Jakarta International 10K pada Minggu, 23 Juli 2017 di Jalan HR Rasuna Said


Sayangnya, ajang seperti itu biasanya ditujukan untuk perorangan. Kalau mengincar kegiatan yang ramah keluarga, event olahraga lari seperti itu pernah diselenggarakan oleh MILO Jakarta International 10K pada 23 Juli lalu di kawasan Rasuna Said Jakarta.

Anda dan keluarga bisa mengikutinya untuk tahun depan. Sebagai informasi, acara tersebut sudah delapan kali rutin dilaksanakan.

Tahun ini ada kategori baru yang bisa jadi pilihan, yakni kategori 5K dan Family Run 1,7K. Nah, Family Run seperti inilah yang cocok sebagai ajang olahraga bagi anak dan orangtua.

Event tersebut juga bisa dijadikan wadah untuk menyalurkan kegemaran berlari anak-anak yang kelak akan tumbuh menjadi generasi sehat yang kompetitif di berbagai bidang.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com