Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2017, 09:56 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penelitian baru-baru ini menyebutkan bahwa mereka yang bercinta lebih sering --atau sedikitnya sekali seminggu-- memiliki kemungkinan lebih panjang umur, lebih mampu menangkal penyakit, dan lebih hidupnya bahagia.

Namun berbagai kesibukan yang harus dijalani masyarakat modern seperti bekerja, mengasuh anak, bersosialisasi, dan aktivitas lain bisa membuat seseorang kelelahan dan gairah seks-nya menurun.

Bagaimana mengembalikan gairah itu? Ada berbagai macam cara, antara lain cukup istirahat dan membangun hubungan emosional yang lebih baik dengan pasangan. Namun ada juga cara yang lebih enak, terutama bagi lidah Anda, yakni lewat makanan.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan tertentu bisa berperan dalam meningkatkan gairah seksual seseorang. Makanan-makanan itu bisa dijumpai dalam ramuan tradisional ataupun makanan sehari-hari.

Setelah sebelumnya mengetahui makanan yang bisa mendongkrak libido pria, kini Anda harus tahu makanan apa saja yang juga bisa menaikan gairah wanita yang sudah mulai redup.

Baca: Makanan yang Mendongkrak Libido Pria

1. Cokelat

Cokelat mengandung biji kakao, yang tidak hanya dikenal sebagai afrodisiak (penambah gairah seksual), tetapi juga mengandung phenylethylamine. Senyawa ini disebut bisa membantu melepaskan endorfin yang sama dengan yang kita produksi saat berhubungan seks.

Senyawa ini juga mampu memicu dopamin di pusat kesenangan otak, yang membuat seseorang memiliki orgasme lebih berkualitas. Karenanya para ahli gizi menyarankan untuk menggantikan cokelat yang manis dengan dark cokelat karena memiliki persentase kakao yang lebih tinggi.

Baca: Cokelat Memang Sahabat Otak

2. Keju

Nutrisi yang baik sangat penting dalam produksi hormon yang sehat untuk menjaga libido dan meningkatkan performa Anda di ranjang. Menurut penelitian, menu kaya protein dapat membantu memberi dorongan seksual, sekaligus meningkatkan jumlah waktu yang Anda habiskan di ranjang alias bercinta lebih lama.

Karena itu sebaiknya Anda memasukan asupan kaya protein seperti keju, juga daging, ikan dan telur di makanan Anda.

Baca: Konsumsi Keju Tak Menaikkan Kadar Kolesterol?

3. Kacang-kacangan

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com