Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2017, 11:15 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Susu dianggap sebagai makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, kalsium, vitamin B12, asam folat dan nutrisi yang penting untuk perkembangan otak. Tapi, jenis susu apa yang tepat bagi si kecil setelah mereka tidak lagi minum ASI?

Perlu dicatat, susu formula dalam bentuk bubuk adalah yang paling direkomendasikan bagi anak dibandingkan susu jenis lain, kata Dr. Ir. Dede R. Adawiyah, staf pengajar di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Kalau untuk anak dan bayi memang susu yang dikhususkan untuk bayi. Kebanyakan bentuknya bubuk," kata Dede saat diskusi bersama Forum Ngobras di KalaKopi, Jakarta Pusat, Senin (14/8/2017).

Adapun susu tersebut direkomendasikan karena sudah melewati proses fortifikasi atau penambahan zat gizi. Salah satu yang ditambahkan adalah AA (Arachidonic Acid) dan DHA (Docosehaxaenoic Acid), kata dr Ariani Dewi Widodo, SpA(K). Keduanya merupakan asam lemak tak jenuh dalam rantai panjang yang dibutuhkan untuk perkembangan otak, jaringan saraf, jaringan penglihatan, serta membantu pembentukan sistem imun pada bayi.

"DHA dan AA itu penting untuk perkembangan otak dan berperan dengan kecerdasan. Keduanya harus diberikan secara bersamaan agar berfungsi dengan baik," kata Ariani.

Kendati demikian, dr Ariani mengingatkan sumber gizi paling baik adalah makanan alami. Dia menyarankan agar orangtua tidak semata-mata mengandalkan susu bila memiliki akses ke makanan sehat.

"Usahakan makan ikan, sayur-sayuran. Jadi dapat vitamin dan mineral langsung tidak harus lewat makanan yang diproses," ujar dia.

Baca: Perlukan Anak Diberi Susu Formula?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com