Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stagen Tidak Bikin Perut Kecil, Kencang dan Langsing Setelah Melahirkan

Kompas.com - 18/08/2017, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Keinginan para Ibu setelah melahirkan adalah mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum hamil. Hal ini membuat para Ibu melakukan berbagai cara agar tubuh terlihat langsing dan perut jadi kecil dan kencang.

Apalagi setelah proses persalinan, tubuh kita pasti akan mengalami banyak perubahan, misalnya adalah berat badan yang terus bertambah. Selain itu, bentuk tubuh yang rasanya semakin membesar karena kenaikan berat badan selama kehamilan yang mencapai 12,5 kg hingga 17,5 kg  membuat kita tak percaya diri.

Stagen jadi salah satu cara yang banyak dilakukan para Ibu untuk mengembalikan bentuh tubuh. Stagen adalah semacam korset berbentuk kain panjang yang dililitkan ke perut. Tak sedikit perempuan yang percaya bahwa dengan menggunakan stagen dan minum jamu khusus bisa memperkecil dan memperkencang perut.

Namun ternyata, menggunakan stagen bukanlah cara yang tepat untuk mengecilkan dan mengencangkan perut, seperti yang dijelaskan oleh Dr. Riyan Hari Kurniawan, Sp.OG.

Menurut spesialis obgyn dari Bamed Health Care ini, stagen hanya bersifat mengencangkan kulit perut.“Stagen hanya bersifat mengencangkan kulit perut, namun tidak berefek pada penurunan berat badan dan membuat langsing,” tuturnya.

Untuk mengembalikan perut langsing dan kencang setelah melahirkan, Riyan menyarankan untuk menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat.“Hal yang dapat diupayakan untuk mengembalikan berat badan ke ideal tentu dengan menjaga diet yang seimbang dan sehat disertai olahraga teratur,” jelasnya.

Ia menegaskan bahwa stagen tidak berpengaruh pada kencangnya perut seusai melahirkan.“Organ rahim akan kembali ke ukuran awal secara alami pada minggu ke-6 setelah melahirkan, dan ini tidak berhubungan dengan ketatnya stagen,” katanya.

Mengencangkan perut setelah melahirkan bisa dengan asupan nutrisi yang tepat. Salmon misalnya memiliki   kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin D dalam salmon dapat mengatasi lemak di perut. Asam lemak omega-3 dalam salmon dapat membantu sel-sel untuk membakar lemak dibanding untuk menyimpannya.

Ibu juga bisa perbanyak konsumsi telur. Kandungan protein dalam telur dapat membuat tubuh jadi lebih kenyang. Sebuah studi yang diterbitkan di Nutrition Researh menemukan bahwa orang yang sarapan dengan telur lebih tidak makan berlebihan di siang hari. Kandungan vitamin B12 dalam sel telur juga membantu tubuh memecah sel lemak. (Nakita.grid.id/Gisela Niken)
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NAKITA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com