Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2017, 15:50 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Memasak memang bukan monopoli kaum wanita. Saat ini semakin banyak pria yang piawai di dapur dalam merasik berbagai bumbu dan makanan. Kemudahan mengakses internet menjadikan referensi memasak para pria semakin bertambah.

"Pada dasarnya setiap orang bisa masak, apalagi sekarang banyak tutorial memasak lewat internet, siapa saja bisa memasak, " kata Yuda Bustara, chef & TV host saat ditemui di Almond Zucchini, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Setiap pria yang memiliki latar belakang profesi apapun menurut Yuda bisa memasak, asalkan mau belajar. Yuda mencontohkan, ada seorang dokter yang sama sekali tidak bisa memasak lantas belajar dari tutorial youtube untuk membuat martabak manis red velvet.

"Sekarang itu semakin gampang untuk kita bisa masak. Kalau dulu kan mau masak harus telefon nenek atau ibu untuk menanyakan resep, kalau sekarang tinggal buka internet," terangnya.

Yuda menambahkan, kehadiran platform belanja online juga memudahkan pria yang hobi masak untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan tanpa harus belanjang langsung ke pasar atau swalayan.

Head of Online Marketing Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro juga menuturkan, semakin banyak orang yang berbelanja kebutuhan rumah tangga khususnya kebutuhan yang berkaitan dengan isi dapur secara online.

Meski tak menyebutkan angka penjualannya, namun menurut Haikal, tren orang membeli bahan-bahan memasak melalui online cukup bagus dan terus mengalami peningkatan. Umumnya, barang-barang yang dicari adalah bahan makanan yang jika dicari di pasar tradisional atau modern tidak ada.

"Contohnya, orang yang suka diet kan menghindari gula, mereka mau buat minuman berbahan stroberi misalnya yang tanpa gula, kalau di pasar kan adanya sirup stroberi yang mengandung gula, nah kalau di dapur lazada bahan itu ada," ucap Haikal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com