Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2017, 18:07 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Pria yang humoris ternyata dianggap lebih menarik. Bukan hanya mencairkan suasana, humor juga bisa membuat pria terlihat lebih cerdas dan menggemaskan.

"Humor sangat berpengaruh. Jika seseorang pandai melucu, itu akan membuat mereka lebih menarik,' kata Simon Fraser, psikolog dari Universitas British Columbia, Kanada.

Untuk melihat apakah sifat humoris seseorang berpengaruh pada pesonanya, tim peneliti melakukan riset kecil melibatkan 50 mahasiswa dan 50 mahasiswi yang diminta melakukan kencan singkat.

Untuk mengukur daya tarik fisik seseorang sebelum dimulainya kencan, tim peneliti menilai foto orang dalam penelitian itu dan mencari nilai rata-ratanya. Pemeringkatan tersebut dilakukan secara terpisah sehingga tidak berpengaruh pada kepribadian atau selera humornya.

Kencan singkat itu dilakukan dengan memasangkan pria dan wanita selama 4 menit. Para mahasiswa itu bisa berpasangan dengan 5-10 orang. Setiap kali kencan itu berakhir, mereka diminta menjawab pertanyaan tentang teman kencannya, termasuk seberapa menarik orang itu, selera humornya, dan apakah mereka tertarik secara romantis.

Ketika hasil penilaian pelaku kencan itu dibandingkan dengan peringkat berdasarkan foto, ternyata orang yang humoris mendapat peringkat lebih tinggi dibanding nilai fotonya.

Kaitan antara daya tarik dan sifat humoris itu lebih terlihat pada pria. Banyak responden yang menilai pria humoris lebih menarik.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com