Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2017, 08:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Pendiri Microsoft, Bill Gates memiliki kekayaan mencapai 90 miliar dollar AS. Pria ini dinobatkan menjadi orang terkaya sedunia versi majalah Forbes ini dalam 7 tahun terakhir.

Setelah melepas kepemimpinannya di Microsoft pada tahun 2006, Gates aktif dalam yayasan amal yang didirikannya Bill & Melinda Gates Foundation yang banyak bergerak dibidang penelitian dan kesehatan.

Aktivitas kesehariannya cukup sibuk dan bervariasi, karena ia juga sering terbang ke berbagai negara untuk meluncurkan inisiatif terbaru dari yayasannya.

Penasaran, seperti apa kegiatan rutin Gates sejak bangun tidur sampai malam hari?

Gates mengklaim sangat menyukai sarapan dengan sereal Cocoa Puffs, tetapi sang istri Melinda pernah mengatakan dalam acara di Betsy Layne High Scool bahwa suaminya ini sering melewatkan waktu sarapan.

Jika tidak bepergian, Gates akan memulai harinya di rumahnya di Medina, kawasan perumahan elite Washington, AS. Berada di lahan seluas 6.131 meter persegi, kediaman keluarga Gates ini berisikan banyak hal dengan teknologi tinggi. Harga rumahnya saat ini ditaksir sekitar Rp 1,6 triliun.

Menurut harian New York Times, di tahun 2008 Gates rutin melakukan olahraga pagi di treadmil sambil menonton DVD seri tentang edukasi. Ia juga senang bermain tenis.

Gates tak pernah absen mengecek berita-berita utama di koran setiap pagi. Ia selalu membaca The New York Times, The Wall Street Journal, dan The Economist.

Rumah Bill Gates. Rumah Bill Gates.
Menurut The Telegraph, jadwalnya akan dibagi-bagi dalam interval lima menit. Hal yang sama juga dilakukan pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk. Setiap momen diperhitungkan dan direncanakan. Tidak ada waktu terbuang sia-sia.

Untuk menu makan siang, favorit Gates hanya satu, burger keju. Berulang kali ia selalu menjawab cheeseburger sebagai favoritnya.

Gates terkenal sebagai kutu buku dan selalu meluangkan waktu untuk membaca buku. Dalam situs pribadinya ia juga membuat daftar buku rekomendasi. Ia memiliki ruang perpustakaan pribadi yang memuat buku-buku langka, termasuk karangan Leonardo da Vinci, "Codex Leicester".

Ketika ia tidak sedang bekerja atau membaca, Gates akan menghabiskan waktunya bersama ketiga anaknya. Ia senang mengajak anak-anaknya datang ke tempat tak biasa, seperti instalasi listrik dan tempat peluncuran rudal. "Mereka senang belajar dengan saya," kata Gates.

Di akhir pekan, Gates juga senang mengisi waktunya dengan bermain brige.

Lantas, bagaimana orang terkaya di dunia menutup harinya? Sepertinya Gates memilih untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Pada tahun 2014, dalam sebuah wawancara Gates mengaku setiap malam ia selalu mencuci piring.

"Orang lain akan senang melakukan untuk saya, tapi saya suka mengerjakan dengan cara saya," ujarnya.

Walau punya banyak kesibukan, tetapi Gates selalu disiplin tidur 7 jam setiap malam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com