Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2017, 09:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Thai tea adalah salah satu minuman asal Thailand yang saat ini menjadi favorit masyarakat Indonesia. Thai tea yang memiliki rasa yang mirip dengan teh tarik ini memiliki campuran rempah yang membuat minuman ini memiliki rasa yang unik dan berbeda.

Walau saat ini banyak gerai yang menyediakan thai tea, namun sebenarnya minuman segar dan creamy ini bisa kita buat sendiri di rumah. Namun, teh yang dipakai berbeda dengan teh yang biasa kita gunakan karena teh bubuk khas Thailand ini berwarna hitam.

"Teh hitam yang diberi rempah-rempah, manis rasanya," kata Chef Yuda Bustara saat ditemui di Almond Zuchinni, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Yuda mengatakan jika ingin membuat thai tea di rumah, kunci utamanya adalah harus menggunakan teh khusus. "Tehnya harus khusus Thai Tea, biasanya sudah di-mix. Creamer dan susu kental manis harus ada. Biasanya manisnya nggak pake gula, tapi pakai susu kental manis. Creamer paling penting," terangnya.

Cara pembuatannya relatif mudah, kita hanya perlu mencampurkan teh dalam air yang telah mendidih.  Aduk rata, lalu saring teh sebelum kemudian ditambahkan dengan susu kental manis dan creamer.

Untuk ketahanan dari Thai Tea ini sendiri bisa hingga seminggu bila tidak menggunakan susu, namun jika dicampur dengan susu hanya bisa tahan dua hari. "Kalau pakai susu dua hari harus langsung dikonsumsi karena takut basi. Thai Tea ini bisa dinikmati panas atau dingin tapi dingin paling enak," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com