Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2017, 11:15 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Tidur siang yang singkat namun menyegarkan, alias power nap adalah sebuah skill. Tidak semua orang bisa tidur selama 30 menit di siang hari, meski tubuh sedang kelelahan.

Mereka yang mampu tidur siang itu memetik keuntungan bagi kesehatan, produktivitas, dan kemampuan otak.

Agar efek tidur siang makin maksimal, ternyata menurut para ahli ada waktu tidur terbaik, yaitu jam 3 sore.

Alasannya terkait dengan irama sirkadian yang mengalami penurunan sekitar jam 3 sore. Banyak juga orang yang sering mengalami rasa kantuk setelah makan siang atau konsentrasinya menurun. Itu sebabnya jam 3 siang dianggap sebagai waktu yang paling pas untuk sejenak tidur siang.

Durasi tidur siang yang efektif adalah 20-30 menit, jika lebih lama dari itu maka kita akan masuk ke siklus tidur dalam yang justru akan membuat kita pusing dan lemas saat bangun tidur siang. Para ahli menyebutnya sebagai sleep inertia.

Bila di malam sebelumnya kita kurang tidur, menyempatkan waktu untuk tidur siang memang bermanfaat. Tetapi, jika durasinya terlalu panjang juga akan membuat kita sulit tidur di malam hari.

"Saat kita kurang tidur, mood bisa berantakan, konsentrasi turun, kesehatan dan sistem imun juga rendah. Tak ada hal baik dari kekurangan tidur," kata Rajkumar Dasgupta, asisten profesor dari Sekolah Kedokteran Universitas Southern California, AS.

Penelitian mengungkap, tidur siang sangat bermanfaat untuk mencegah efek buruk kurang tidur. Setelah tidur siang, kita akan lebih awas, kreatif, punya kemampuan memori lebih baik, dan kemampuan belajar meningkat. Setelah bangun tidur siang tubuh juga terasa lebih segar.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com