Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2017, 09:17 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Merz Aesthetics, perusahaan penyedia perawatan estetika nonbedah, melakukan pencarian wajah paling proporsional di Indonesia dan Asia. Pencarian kandidat ini sudah dimulai sejak Juli 2017 sampai 30 September 2017.

Ajang MAAT Golden Ratio Search diklaim sebagai yang pertama di Asia. Selain Indonesia, pencarian ini dilakukan di 9 negara Asia, yaitu Hongkong, India, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Dijelaskan oleh dr.Adri Dwi Prasetyo Sp.KK, MAAT Golden Ratio menggunakan model dan rasio matematis untuk menghitung proporsi dan daya tarik wajah.

Golden ratio bisa juga diartikan sebagai rasio panjang dan lebar wajah, proporsi horizontal wajah dan simetri wajah.

"Golden rasio bisa kita lihat dari wajah para aktor dan aktris. Secara universal, orang dari Afrika sampai Asia akan melihat mereka cantik. Ini karena di otak setiap manusia sudah ada program matematis tentang golden ratio," katanya dalam acara konferensi pers di Jakarta (22/8/2017).

Adri menambahkan, kandidat yang dipilih bukan berarti harus memiliki wajah simetris. "Kami bukan mencari yang sempurna atau seragam, tapi memenuhi kaidah matematika untuk wajah proporsional," katanya.

Menurut Ricardo Manoloto, General Manager Merz Indonesia, pencarian the golden ratio ini menunjukkan bahwa wajah proporsional tidak memandang suku atau batas geografis.

"Ini bukan ajang kecantikan. Ajang pencarian ini untuk mencari pedoman perawatan kecantikan yang sesuai dengan proporsi wajah seseorang," kata Ricardo.

Kandidat yang terpilih akan menjadi pedoman untuk memberi pemahaman pada wanita tentang proporsi dan daya tarik wajah.

Peserta dalam ajang MAAT Golden Ratio Search ini terbuka untuk wanita berusia di atas 21 tahun yang berdomisili di Indonesia. Syarat yang harus dipenuhi adalah belum pernah melakukan operasi plastik atau tindakan estetika nonbedah di tahun 2017.

Peserta bisa mengunggah foto diri ke www.goldenratiosearch.com. Foto yang dikirimkan juga tidak boleh diedit secara digital.

Kandidat yang terpilih dengan wajah paling proporsional akan berkumpul bersama kandidat dari 9 negara lain dalam acara 38 Annual Meeting of the International Society for Dermatology Surgery (ISDS) di Bangkok, Thailand, pada bulan November 2017.

Kandidat yang terpilih mewakili Indonesia akan mendapatkan uang saku sebesar 3000 USD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com