Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2017, 17:58 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak dua hari lalu Mall Grand Indonesia menjadi tujuan para pemburu sepatu. Seribuan orang ke sana tiap hari hendak membeli sepatu dan perlengkapan merk Nike, karena sedang ada bazar yang digelar dari 21 Agustus sampai 27 Agustus 2017 yang menawarkan diskon sampai 90 persen.

Namun sepadankah harga diskon itu dengan usaha antre dan desak-desakan demi mendapatkan sepatu? Untuk mecari tahu, Kompas Lifestyle menyambangi langsung Grand Indonesia. Benar saja, di lantai 5 Grand Indonesia tepatnya di Exhibition Hall banyak orang yang mengantre untuk masuk.

Lokasi itu dikelilingi tali-tali pembatas dan pintu masuknya dijaga petugas keamanan. Saat Kompas Lifestyle mencoba masuk, salah satu penjaga mengatakan bahwa setiap pengunjung harus terlebih dahulu ke lantai 3A area parkir untuk mendapatkan cap.

Lokasi bazar Nike di Grand Indonesia MallKompas.com/Iwan Supriyatna Lokasi bazar Nike di Grand Indonesia Mall
Sempat heran juga mengapa harus terlebih dahulu mendapatkan cap baru diperbolehkan masuk? Tanpa pikir panjang, Kompas Lifestyle pun menuju area parkir lantai 3A. Namun tak seperti layaknya area parkir, bukan mobil yang berjejer di sana, tetapi antrean orang-orang yang memadati area parkir untuk mendapat cap.

"Saya dari jam 12 mas, ini sampai jam 3 belum juga kebagian giliran untuk masuk," kata salah seorang pengunjung yang sedang antre kepada Kompas Lifestyle, Rabu (23/8/2017).

Ketika ditanya mengapa antre di parkiran, menurutnya peraturan yang harus ditaati pada saat masuk adalah mendapatkan cap terlebih dahulu selanjutnya diberikan giliran untuk masuk ke area bazar.

Antrean orang di parkiran untuk mendapatkan cap sebelum masuk lokasi bazarKompas.com/Iwan Supriyatna Antrean orang di parkiran untuk mendapatkan cap sebelum masuk lokasi bazar
Giliran yang dimaksud adalah setiap gelombang yang terdiri dari 50 orang diperbolehkan masuk dan diberikan waktu selama 30 menit. Setelah 30 menit berakhir, pengunjung yang sudah berada di dalam pun harus segera keluar, baik itu sempat belanja atau tidak.

Kompas Lifestyle pun mencoba mewawancarai beberapa pengunjung yang sudah berada di dalam area bazar. Pasangan bernama Rio dan Andina mengaku membutuhkan perjuangan yang luar biasa untuk bisa masuk ke area penjualan itu.

Sayangnya, pada saat masuk ke area bazar, sepatu yang dicarinya tidak ada. Kalau pun ada seri yang cocok, harga dan ukurannya tidak sesuai dengan harapan.

"Yang kami cari enggak ada, kalau pun ada ukurannya tidak pas. Kalau soal diskon memang ada yang 90 persen, tapi kita belum nemu barangnya yang mana," tutur kedua sejoli itu.

Mengantre untuk mendapatkan cap sebelum masuk area penjualanKompas.com/Iwan Supriyatna Mengantre untuk mendapatkan cap sebelum masuk area penjualan
Saat Kompas Lifestyle melihat price list, tercantum Air Jordan 12 Retro yang harga normalnya Rp 2.779.00 di diskon 70 persen menjadi Rp 833.700. WMNS Air Max 95 dari harga Rp 2.399.000 di diskon 90 persen menjadi Rp 239.000.

Selain itu masih banyak lagi produk-produk Nike yang didiskon mulai dari 40 persen sampai 90 persen. Namun, dalam daftar itu memang kita tidak bisa melihat ukuran apa yang masih tersedia. Artinya bisa saja seseorang yang sudah mengantre berjam-jam, akhirnya pulang dengan tangan hampa karena tidak menemukan barang yang dicarinya.

Lokasi penjualan sepatu dan apparel NikeKompas.com/Iwan Supriyatna Lokasi penjualan sepatu dan apparel Nike
Di luar itu, kehebohan bazar ini menunjukkan bahwa sepatu, terutama sneakers memang mendapat tempat istimewa di hati orang-orang, sampai banyak yang rela menunggu untuk mendapatkannya.

Nah bila Anda termasuk yang ingin berburu, cobalah datang lebih awal agar tidak perlu menunggu terlalu lama. Selain itu sebaiknya Anda sudah tahu apa yang Anda cari agar di sana waktu tidak habis untuk memlih dan mencari. Bacalah dahulu katalog dan daftar harga juga supaya tidak merasa kecele.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com