Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/08/2017, 10:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Lidah orang Indonesia memang akrab dengan kopi. Setiap daerah memilih kopi khas masing-masing dan kebiasaan ngopi yang unik. Masyarakat Sumatera Barat ternyata punya budaya minum es kopi.

Cita rasanya yang manis dan menyegarkan membuat minum es kopi bisa dilakukan "urang awak" kapan pun.

"Kultur kopi di Padang sangat kuat. Jangankan siang atau malam, di Padang itu pagi-pagi pun minum es kopi," kata chef Marco Liem saat ditemui Kompas Lifestyle di Kedai Kopi Marco yang berlokasi di Mal Gandaria City, Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Marco mengatakan, Kedai Kopi Marco memperkenalkan keunikan kopi lokal yakni es kopi Padang dalam menu unggulannya. Para tamu restoran bisa memilih penyajian kopi sesuai selera, bisa dalam bentuk panas atau pun dingin, dengan tambahan susu atau pun tidak.

Kedai Kopi Marco menawarkan keunggulan rasa es kopi Padang.Kompas.com/Iwan Supriyatna Kedai Kopi Marco menawarkan keunggulan rasa es kopi Padang.
Jenis kopi yang dipilih sesuai dengan tradisi asli yaitu kopi robusta yang berasal dari Padang. "Robusta itu cukup kuat rasa pahitnya, ada rasa asam juga dan manis karena tambahan gula," tutur Marco.

Untuk menemani acara ngopi, pesanlah martabak kelapa khas daerah penghasil rendang tersebut.

"Kita rekomendasikan kalau minum es kopi dibarengi makan martabak kelapa. Martabak kelapa ini tidak seperti martabak pada umumnya yang tebal-tebal dan berminyak, martabak kelapa lebih tipis dan garing," ucapnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com