Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Kesehatan yang Didapat Jika Anda Berkulit Gelap

Kompas.com - 25/08/2017, 09:08 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang khususnya wanita, memiliki kulit putih adalah sebuah dambaan. Padahal, tahukah Anda ternyata penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kulit gelap jauh lebih sehat dibandingkan kulit putih?

Berikut keuntungan memiliki kulit berwarna gelap:

1. Terlindung dari sinar matahari

Semua orang memiliki jumlah melanosit (sel yang memproduksi melanin) yang sama, tak peduli warna kulit yang dimiliki. Namun, yang membedakan adalah ukuran dan penyaluran melanositnya. Semakin besar ukuran melanosit yang dimiliki, maka kulit akan semakin hitam.

Keuntungan yang paling penting dari memiliki jumlah melanin yang banyak di kulit adalah mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Hal ini akan membuat kulit terlindungi dari efek jangka pendek seperti terbakar sinar matahari yang parah.

Tapi ingat, walaupun memiliki melanin yang banyak, orang-orang berkulit gelap tidak sepenuhnya terjamin dari kerusakan akibat sinar matahari. Jadi, jangan panas-panasan tanpa sunblock.

Baca: 7 Kesalahan Saat Menggunakan Tabir Surya

2. Mengurangi risiko kanker kulit

Karena memiliki pigmen melanin yang banyak, hal ini membuat orang kulit hitam lebih banyak terproteksi dari sinar UV dibandingkan orang-orang yang berkulit putih. Hal tersebut yang membuat paparan sinar UV yang mengenai kulit orang hitam tidak mudah merusak jaringan sel-selnya sehingga mengurangi terkena risiko kanker kulit, terutama jenis yang lebih umum dikenal sebagai kanker kulit sel basal dan skuamosa.

3. Melindungi sistem saraf

Pigmen melanin bertugas melawan radikal bebas dan terbukti mampu melindungi sistem saraf pusat dari jamur Cryptococcus neoformans atau infeksi kriptokokosis. Infeksi jamur ini menyebabkan pembengkakan dan iritasi pada otak, juga sumsung tulang belakang.

4. Kebal terhadap beberapa penyakit

Pada serangga, melanin diketahui mampu melindungi terhadap serangan penyakit dengan cara menelan dan membunuh mikro organisme. Para peneliti pun beranggapan jika melanin memiliki fungsi yang sama pada manusia.

Hal ini mungkin juga bisa menjelaskan alasan mengapa tentara berkulit putih ketika bertugas di lingkungan  lembab seperti hutan, tiga kali lebih rentan terkena penyakit kulit serius daripada mereka yang memiliki kulit hitam.

5. Lebih rendah risiko bayi cacat

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com