Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulit Menghubungi Anak Melalui Ponselnya? Instal Aplikasi Ini

Kompas.com - 28/08/2017, 11:53 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Apa gunanya membayar tagihan telepon bulanan anak Anda, jika Anda tidak pernah bisa menghubungi mereka saat Anda membutuhkannya? Padahal saat di rumah, anak Anda terus-menerus menatap layar ponselnya.

Untuk mengatasi hal itu, ada aplikasi bernama ReplyASAP yang memungkinkan Anda mengirim pesan teks yang tidak dapat diabaikan oleh anak-anak Anda.

Begini cara kerjanya: setelah Anda memasang aplikasi ini di smartphone anak Anda, maka setting untuk pesan tertentu akan berubah. Akibatnya, teks penting yang Anda kirim melalui aplikasi ini akan memicu alarm pada ponsel anak Anda, dan alarm itu tidak akan mati sampai dia membuka pesan.

Anda juga akan menerima pemberitahuan saat anak Anda membaca teks Anda, yang berarti tidak ada lagi alasan untuk pulang ke rumah melewati jam malam.

Bagi anak, aplikasi ini mungkin bisa menjadi sangat menjengkelkan dan bisa berbahaya, terutama jika anak Anda sedang mengemudi atau sedang berada di dalam kelas sekolahnya. Aplikasi ini juga menunjukkan bahwa Anda memiliki masalah komunikasi dengan anak Anda.

Tapi untuk Nick Herbert, seorang ayah dari Inggris yang membuat aplikasi ini untuk anak laki-lakinya yang berusia 13 tahun mengatakan, fitur ini bisa memperbaiki hubungan mereka dan bukan melukainya.

"Saya berharap aplikasinya akan membuat hubungan kita menjadi lebih baik. Ini akan mengurangi tekanan saat saya tidak bisa menangkapnya karena saya akan tahu bahwa dia telah melihat pesan saya," kata Herbert.

Saat ini, aplikasi Herbert hanya bekerja pada ponsel Android. Adapun biaya yang dikenakan sekitar 1,50 Dollar Amerika Serikat untuk terhubung dengan satu nomor telepon, 3 Dollar AS untuk melacak empat orang, 9 Dollar AS untuk 10 orang, dan 17 Dollar AS untuk 20 orang.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com