Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membangun Mental Anak Berkebutuhan Khusus Lewat Sentuhan

Kompas.com - 28/08/2017, 17:13 WIB
Laura Arya Wienanta,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Natalia tidak dapat melihat dengan sempurna sejak usia 3 bulan. Ia kekurangan vitamin pada mata sehingga menyebabkan penglihatannya buruk. Keluarganya harus merogoh uang puluhan juta rupiah untuk membiayai operasi Natalia.

Sayangnya, operasi tersebut gagal dan Natalia tetap tidak dapat melihat. Sang Ibu menjadi terpuruk dan putus asa. Ia tidak tahu bagaimana cara terbaik membesarkan anaknya, hingga diperkenalkan pada program #SentuhanIbu.

“Saya dulunya tidak berani bawa anak saya jalan-jalan ke luar karena takut dia dihina sama orang-orang, terus dijadikan bahan perhatian. Tapi saya bangga melihat Natalia yang sekarang. Dia juga sudah tidak pemalu lagi anaknya. Sejak ikutan program ini, saya tahu kalau ia berbakat di bidang musik. Ia senang bermain piano,” ujar Titin Sumarni, Ibu dari Natalia

Memiliki anak yang berkebutuhan khusus memang menjadi tantangan bagi sebuah keluarga. Keluarga menjadi elemen terpenting dalam menciptakan rasa cinta kasih bagi anak, menanam kepercayaan diri, dan membentuk mental yang kuat.

Ibu menjadi figur yang paling berpengaruh dalam membentuk mental dan pikiran yang sehat bagi anak. Namun, bila memiliki anak yang kurang sempurna, sosok ibu-lah yang justru lebih mudah terpukul dan terpuruk.

Memang tidak mudah bagi ibu untuk bangkit dan optimis terhadap kesembuhan buah hatinya, tapi dengan kemauan yang kuat disertai dengan usaha yang keras maka tidak ada yang mustahil.

Atas dasar itulah Nivea mengadakan program #SentuhanIbu yang memberdayakan para ibu sebagai figur penting di keluarga.

“Periode pertama dilaksanakan kurang lebih selama 1,5 tahun di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) A kota Bandung. Program pembekalan diberikan secara bertahap bagi peserta, dan kini telah mengubah pola pikir yang lebih baik, meningkatkan keterampilan dan mengetahui potensi anak. Selanjutnya Nivea #SentuhanIbu periode kedua akan dilaksanakan di  SLBN Bekasi dan SLBN Yogyakarta," kata Diana Riaya, Media Manager PT Belesdorf Indonesia saat Kampanye Program #SentuhanIbu periode kedua di Plataran Menteng Jakarta (28/08/17)

Dalam program #SentuhanIbu, setiap ibu akan mendapatkan pembelajaran dalam mengatasi rasa keterpurukan, membangun kepercayaan diri anak, dan menyalurkan kasih sayang pada anak lewat kekuatan sentuhan dan pelukan.

Membangkitkan ibu ini dianggap penting karena para ibu biasanya cenderung pasif dan merasa dunia tidak bersahabat sehingga mereka kehilangan motivasi.

Nantinya saat implementasi program ini setiap detailnya akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak baik dari karakter, kondisi ekonomi, dan lingkungannya.

Nivea juga mempersembahkan buku “Sentuhan Ibu” karya novelis Fira Basuki yang berisikan 20 kisah ibu dengan berbagai latar belakang yang telah mengikuti program #SentuhanIbu periode pertama. Buku ini dipersembahkan untuk semua orang tua, pendamping, guru, dan seluruh lapisan masyarakat agar selalu percaya dengan kekuatan sentuhan seorang Ibu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com