Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan Wanita Saat Mencari Kerja Lewat LinkedIn

Kompas.com - 30/08/2017, 14:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Sumber nypost.com

KOMPAS.com - Anda tentu pernah mendengar tentang kesenjangan gaji berdasarkan gender. Pekerja pria digaji lebih tinggi dibandingkan wanita untuk posisi yang sama. Tapi, bagaimana dengan kesenjangan resume yang berdasarkan gender?

Data baru dari LinkedIn, salah satu jaringan profesional terbesar dunia, menunjukkan bahwa wanita tidak mempromosikan diri mereka sesering seperti yang dilakukan pria di situs tersebut.

Platform tersebut menganalisis lebih dari 141 juta profil anggota LinkedIn di Amerika Serikat dan melihat bahwa wanita memiliki ringkasan profil yang lebih pendek, sementara pria "melampaui citra profesional mereka untuk menekankan pengalaman yang lebih banyak."

Bahkan, terkadang para pria tidak mencantumkan pekerjaan saat berada di posisi staf atau bawahan dalam resumenya.

Sementara itu, rata-rata wanita memasukkan daftar keterampilan 11 persen lebih sedikit di resume mereka daripada pria.

Secara umum, penelitian ini menemukan bahwa perempuan cenderung melamar pada pekerjaan dalam bidang administrasi, pemasaran dan pelayanan pelanggan. Sebaliknya, pria mencari pekerjaan dengan "prestise yang lebih tinggi," juga dengan gaji lebih tinggi.

Jadi bagaimana wanita bisa menutup kesenjangan gender ini? Mulailah dengan mempromosikan diri secara aktif, buat resume sesuai keinginan dan mulai dengan melamar pekerjaan di luar titik nyaman Anda. Ini bisa berhasil. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com