Makan Masakan dari Rumah Bisa Turunkan Berat Badan - Kompas.com

Makan Masakan dari Rumah Bisa Turunkan Berat Badan

Kahfi Dirga Cahya
Kompas.com - 02/09/2017, 22:15 WIB
Memasak di rumahnensuria Memasak di rumah

KOMPAS.com - Jika Anda ingin menurunkan berat badan, inilah langkah pertama yang bisa  dilakukan: Hindari makanan cepat saji dan mulailah memasak di rumah. Begitu saran sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity.

Setelah peneliti Inggris menganalisis data survei dari lebih dari 11.000 pria dan wanita berusia 29 sampai 64 tahun, mereka menemukan bahwa orang yang makan lebih dari lima makanan rumahan per minggu kemungkinannya 28 persen lebih sedikit untuk memiliki indeks massa tubuh (BMI) berlebih, dan 24 persen lebih kecil kemungkinannya memiliki kelebihan lemak tubuh dibandingkan orang yang makan kurang dari tiga makanan rumahan per minggu.

Selain itu, orang-orang yang memasak di rumah ternyata juga lebih banyak makan buah dan sayuran setiap hari (masing-masing 62 dan 98 gram) dibanding orang-orang yang makan kurang dari tiga makanan masakan dari rumah per minggu.

Bisa jadi orang yang makan lebih banyak masakan rumah cenderung lebih memilih makanan yang sehat, juga lebih variatif, dan mengurangi konsumsi makanan cepat saji, yang biasanya lebih tinggi kalori dan dikemas dengan gula berlebih, kata peneliti. Orang yang memasak di rumah kebanyakan juga memiliki kebiasaan sehat lainnya, seperti berolahraga secara teratur.

Jadi pertimbangkan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di dapur, karena kelebihan berat badan sering dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan jenis kanker tertentu, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases.

Ditambah, buah dan sayuran harus menjadi bahan pokok dalam makanan Anda, karena mengandung vitamin dan antioksidan yang bisa membuat Anda merasa lebih bahagia, membantu penis Anda berkinerja lebih baik, dan menurunkan resiko stroke, kanker, dan kematian dini.

PenulisKahfi Dirga Cahya
EditorWisnubrata
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM