Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2017, 20:33 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Bila mulai merasa bosan dengan sushi atau ramen, Anda bisa menikmati kuliner Jepang lain yang tak kalah lezat, yakni Gyoza.

Makanan asal Negeri Sakura ini memiliki cita rasa yang tidak kalah menggoyang lidah. Sekilas, camilan ini nampak seperti dimsum, namun memiliki perbedaan dari segi rasa. Gyoza terbuat dari pangsit, daging ayam, makanan laut atau daging. Juga berisi bawang, kol hingga kucai.

Executive Chef Gyoza Bar Chef Andy Ho, mengatakan camilan ini biasa dimakan sebagai makanan pembuka.

Kompas Lifestyle berkesempatan untuk mencicip langsung Gyoza di Gyoza Bar, Summarecon Mal Serpong, Kabupaten Tangerang, Sabtu (2/9/2017). Ada empat varian yang dicoba, mulai dari Classic Chicken Gyoza, Shrimp Caviar Gyoza, Macho Nachos Gyoza, dan Salmon Mentai Gyoza.

Salmon Mentai Gyoza di Gyoza Bar, Summarecon Mal Serpong, Tangerang.KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Salmon Mentai Gyoza di Gyoza Bar, Summarecon Mal Serpong, Tangerang.
Keempat varian Gyoza itu memiliki kelebihan masing-masing. Gyoza berisi ikan salmon, misalnya. Saat digigit, rasa dan aroma jahe yang muncul cukup kuat. Ternyata ada alasan di balik itu, salah satu agar bau amis ikan Salmon tidak terasa.

Chef Andy mengatakan, “Gyoza harus dibuat matang, sementara kalau Salmon semakin matang, maka bau amis semakin tercium. “Saya tidakak mau orang benci sama Salmon karena bau.”

Sementara Macho Nachos Gyoza merupakan varian berbeda pada Gyoza umumnya. Gyoza ini dibuat lebih crispy dengan daging ayam di dalamnya. Juga ditambahkan saus keju di atasnya yang memberikan rasa sedikit asin.

Gyoza sendiri pada umumnya rasanya tidak pedas. Bila ingin menambahkan rasa pedas, maka bisa memakai saus khusus Gyoza. Adapun Gyoza Bar membuat saus khusus agar bisa menambah cita rasa penyuka rasa pedas.

Di Jepang, makan Gyoza biasa ditemani dengan minum sake. Gyoza Bar juga menyediakan Sake dengan campuran buah-buahan seperti stroberi, leci, atau timun dan jahe. Soal harga, untuk satu porsi Gyoza mulai dari Rp 48.000 - Rp 85.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com