Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2017, 13:59 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda boleh bergaya dengan menggunakan kacamata hitam di kala matahari tengah menyengat. Tapi, apakah Anda sudah memastikan bahwa kacamata yang dipakai memiliki pelindung sinar ultraviolet (UV)?

Founder Bridges Eyewear, James Hadisurjo mengingatkan kacamata hitam dengan harga murah seringkali tidak memperhatikan soal pelindung sinar UV pada lensa. “Memang kacamata terlihat gelap, tapi mereka tidak ada coating (lapisan) anti UV. Itu yang sebenarnya mencegah sinar berbahaya masuk ke mata,” kata James kepada Kompas Lifestyle saat acara Sunset Affair di Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Dia menambahkan efek penggunaan kacamata tanpa pelindung UV adalah pupil mata akan membesar karena merasa seperti sudah terlindungi. Namun, yang sebenarnya terjadi, mata sama sekali tidak terproteksi, sehingga dianggap lebih berbahaya.

Baca juga: 6 Kesalahan Memakai Kacamata Hitam

Koleksi kacamata dari Bridges EyewearKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Koleksi kacamata dari Bridges Eyewear
”Pupil membesar tapi sinar tetap masuk. Jadi lebih bahaya daripada kita enggak pakai kacamata. Kalau enggak pakai kacamata kan pupil mata sipit dan mengecil gitu kan,” kata dia.

Dennis Robertson, MD, ahli mata dari Mayoclinic juga menyarankan agar sebelum membeli kacamata lebih dulu memperhatikan pelindung sinar UV yang terdapat dalam label produk. Pilih yang mampu menahan sinar UV B minimal 99 persen dan 95 persen menahan UV A.

Jangan memilih kaca mata hitam atau sunglasses yang tidak memiliki fitur proteksi dari sinar UV. Sebab, radiasi sinar UV yang berasal dari sinar matahari tidak hanya merusak kulit si sekitar mata tapi juga bagian mata, seperti kornea dan konjungtiva atau daerah putih di mata. Beberapa jenis penyakit katarak juga diketahui terkait dengan paparan sinar UV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com