Ini…Jurus Mengubah Rapor Si Kecil dari Merah Jadi Biru! - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dan Blue Band

Ini…Jurus Mengubah Rapor Si Kecil dari Merah Jadi Biru!

Haris Prahara
Kompas.com - 11/09/2017, 06:57 WIB
Ilustrasi seorang anak bersama orangtuaKerkez Ilustrasi seorang anak bersama orangtua

KOMPAS.com – Membesarkan anak untuk sebagian orangtua gampang-gampang susah. Butuh kesabaran dan jiwa welas asih dalam setiap langkah mendidik mereka. Tentunya, dengan harapan agar sang buah hati kelak mampu mendulang prestasi gemilang.

Mungkin pula Anda sebagai orangtua acap kali menggerutu saat melihat rapor anak terkasih. Sejumlah nilai merah terselip di antara deretan angka hasil evaluasi belajar. Baiknya, segera tenangkan diri dan redam amarah karena itu bukanlah akhir dari segalanya.

Masih banyak cara untuk mendongkrak prestasi akademik mereka agar lebih maksimal.

Seperti dilansir laman Public School Review, Jumat (14/10/2016), orangtua selayaknya mulai meluangkan waktu lebih banyak untuk menemani anak belajar di rumah. Itu dilakukan agar anak memiliki teman diskusi serta membuat mereka lebih mudah bertanya saat mengalami kesulitan belajar.

Pastikan pula bahwa ruang belajar anak terbebas dari hal-hal yang menganggu, seperti misalnya televisi, konsol permainan, maupun gawai.

Saat menemani anak belajar, buatlah estimasi waktu berapa lama mereka harus menyelesaikan suatu pelajaran maupun tugas. Dengan begitu, anak akan terbiasa untuk belajar dengan serius dan tak menunda-nunda tanggung jawab mereka.

Lebih lanjut, sebagaimana ditulis artikel tersebut, memberi penghargaan saat anak berhasil memperbaiki prestasi akademik juga dapat mendongkrak semangat mereka.

Tak perlu hadiah besar atau mahal, sebuah pujian pun sejatinya dapat membuat mereka merasa kerja kerasnya tak sia-sia. Bisa juga, Anda memberi kesempatan bermain game untuk beberapa waktu atau menonton televisi. Hal ini sekaligus membuat anak tidak jenuh atas rutinitas belajarnya sehari-hari.

Selain mengobarkan mental sang anak, Anda seyogianya turut memerhatikan kondisi jasmani atau raga mereka. Bisa jadi, kurang maksimalnya prestasi akademik disebabkan pula oleh hal penunjang lain, misalnya asupan makanan.

Sebagaimana diwartakan laman Independent, Selasa (17/11/2015), makanan yang cukup serta bergizi berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi akademik seorang anak. Karena itu, mulailah berikan asupan bermutu untuk buah hati Anda. Cara paling mudah, dapat diawali dengan menyiapkan sarapan sebelum mereka berangkat sekolah. 

Penelitian Cardiff University pada 2015 terhadap 5.000 anak berusia 9-11 tahun menunjukkan, prestasi akademik anak yang rutin sarapan dapat lebih tinggi hingga dua kali lipat dibandingkan mereka yang tak pernah sarapan.

Namun, perlu dicatat bahwa makanan yang dikonsumsi saat sarapan sebaiknya adalah pangan sehat dan mengandung nutrisi yang seimbang. Hindarkan makanan kurang menyehatkan.

Lebih antusias

Anak yang rutin sarapan juga diyakini menjadi lebih aktif saat belajar di kelas. “Mereka lebih antusias untuk terlibat dalam diskusi pelajaran serta lebih mampu memecahkan soal-soal rumit,” ujar William Sears, spesialis anak asal Amerika Serikat, sebagaimana ditulis Livestrong, Jumat (12/6/2015).

Mungkin, pada awalnya memang tak mudah untuk membiasakan anak mengonsumsi sarapan. Karena itu, sebagai upaya mendorong mereka makan pagi, Anda dapat menyiapkan resep-resep praktis nan lezat. Roti panggang telur bayam, misalnya.

Roti panggang telur bayamDokumentasi Blue Band Roti panggang telur bayam
Sajian tersebut dapat dibuat dengan mudah dan tak membutuhkan waktu lama, bisa diolah dalam waktu kurang dari sepuluh menit saja. Bahan pembuatannya pun gampang diperoleh dan tentunya mengandung nutrisi yang baik bagi anak.

Tak lupa, agar roti semakin gurih dan bergizi, Anda dapat pula mengoleskannya dengan mentega Blue Band Serbaguna yang mengandung Omega 3 & 6. Selain sajian tersebut, Anda juga dapat mencoba sejumlah resep praktis lainnya di sini.

Dengan sarapan sehat setiap pagi, mengubah rapor merah anak menjadi biru tak lagi sekadar angan-angan!

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisHaris Prahara
EditorSri Noviyanti
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM