Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2017, 12:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com -  Apakah Anda termasuk orangtua yang sering pusing menghadapi nafsu makan anak-anak yang seolah sulit dipuaskan. Setiap hari, saat mereka habis bermain, atau di antara jeda waktu makan, mereka akan datang dengan perut yang lapar.

Memang ada banyak camilan yang bisa kita beli, tetapi yakinkah kandungan nutrisinya cukup untuk tumbuh kembangnya? Berikut adalah ide membuat camilan bergizi secara mudah.

1. Yoghurt vanila lapis buah

Jika anak Anda penyuka buah, buatkan saja yoghurt vanila lapis dengan jeruk mandarin, blueberry atau buah apa pun sebagai topingnya. Menurut Rene Ficek, RD, ahli gizi dari Seattle Sutton's Healthy Eating, protein plus antioksidan dari buah-buahan akan membuat anak tetap kenyang hingga makan malam.

2. Stroberi berbalur coklat dan kacang

Tidak semua sajian coklat harus dilarang, apalagi jika anak-anak Anda telah melewati hari sekolahnya yang panjang. Mereka membutuhkan makanan yang mampu mendongkrak mood mereka kembali seperti stroberi berbalur coklat dan kacang.

Kacang dan kakao kaya akan nutrisi yang disebut flavonoid atau antioksidan yang bisa memperbaiki kerusakan sel dan melindungi tubuh dari racun.

3. Sate buah

Ajak si kecil memasangkan potongan nanas, mangga dan pepaya di tusuk sate yang mereka pegangnya untuk kemudian mereka jadikan makanan ringan yang menyegarkan. Buah-buahan mengandung vitamin C, mineral, serat, dan fitokimia, yang dibutuhkan anak untuk menguatkan sistem imunnya.

4. Sosis berbalut mi

Kreasi panduan sosis dan mi ini juga cocok dijadikan bekal sekolah anak. Cara membuatnya pun mudah dan resepnya bisa Anda dapatkan di aplikasi berbagi resep seperti cookpad.

5. Muffin wortel apel

Muffin wortel apel bukan hanya mengenyangkan tapi juga bisa jadi kudapan sehat yang memiliki manfaat nutrisi seperti antioksidan, lemak sehat, serat, potassium dan vitamin C.

6. Martabak mini

Rasanya yang manis pasti menjadi favorit anak-anak. Anda juga bisa mengajak mereka membuatnya bersama dengan membebaskan si kecil memilih topping sesuai seleranya.

7.  Pizza mini

Membuat pizza dengan teflon ternyata bisa dilakukan. Anda bisa memilih topping yang bernutrisi seperti daging, keju, dan juga potongan tomat. Dijamin mengenyangkan dan enak.

8. Smoothie buah

Makanan ringan yang menyenangkan dan berwarna-warni, akan membuat anak-anak tertarik. Ganti-ganti buahnya sesuai dengan buah yang sedang musim sehingga kadar nutrisinya lebih tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com