Agar Segar Sepanjang Hari, Makanlah Pisang di Pagi Hari - Kompas.com

Agar Segar Sepanjang Hari, Makanlah Pisang di Pagi Hari

Iwan Supriyatna
Kompas.com - 12/09/2017, 13:40 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

KOMPAS.com - Selain harganya yang relatif terjangkau dan mudah diperoleh, rupanya pisang adalah buah yang banyak gunanya. Mengkonsumsi pisang di pagi hari memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh Anda. Selain memberi energi, fungsi otak Anda pun akan bekerja secara optimal.

Ahli gizi Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., mengatakan, pisang mengandung beragam vitamin seperti vitamin C, B kompleks, B6, dan serotonin.

Dengan beragam vitamin yang dimiliki itu, akan sangat baik jika pisang dikonsumsi di pagi hari sebelum beraktivitas. Mengapa direkomendasikan makan pisang pagi hari? Menurut ahli gizi dari Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi ini, kondisi tubuh seseorang akan ditentukan dari asupan makanan yang dikonsumsinya pada saat sarapan.

Baca juga:Makanlah Pisang sebelum Berhubungan Seksual

"Sarapan pagi itu penting untuk aktivitas siang sampai malam hari, apalagi otak kita akan bekerja selama seharian. Hal itu membutuhkan nutrisi yang berasal dari sarapan yang kita makan," kata Dr Samuel saat ditemui Kompas Lifestyle di Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Vitamin terpenting yang berasal dari buah pisang dan bermafaat bagi tubuh adalah vitamin B kompleks dan B6. Menurutnya, vitamin B kompleks dan B6 adalah mediator pembentukan energi.

Terkait seberapa banyak dan diolah menjadi apa, bisa disesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Misal pisang bisa dimakan begitu saja atau disajikan dalam bentuk jus smoothies.

Baca juga:Mengencangkan Payudara dengan Pisang

"Vitamin B dari pisang itu sebagai mediator pembentukan energi, kalau dalam sehari kita tidak cukup memperoleh vitamin B maka pembentukan energi juga akan lambat," ujarnya.

PenulisIwan Supriyatna
EditorWisnubrata
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM