Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Segar Sepanjang Hari, Makanlah Pisang di Pagi Hari

Kompas.com - 12/09/2017, 13:40 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Selain harganya yang relatif terjangkau dan mudah diperoleh, rupanya pisang adalah buah yang banyak gunanya. Mengkonsumsi pisang di pagi hari memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh Anda. Selain memberi energi, fungsi otak Anda pun akan bekerja secara optimal.

Ahli gizi Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., mengatakan, pisang mengandung beragam vitamin seperti vitamin C, B kompleks, B6, dan serotonin.

Dengan beragam vitamin yang dimiliki itu, akan sangat baik jika pisang dikonsumsi di pagi hari sebelum beraktivitas. Mengapa direkomendasikan makan pisang pagi hari? Menurut ahli gizi dari Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi ini, kondisi tubuh seseorang akan ditentukan dari asupan makanan yang dikonsumsinya pada saat sarapan.

Baca juga:Makanlah Pisang sebelum Berhubungan Seksual

"Sarapan pagi itu penting untuk aktivitas siang sampai malam hari, apalagi otak kita akan bekerja selama seharian. Hal itu membutuhkan nutrisi yang berasal dari sarapan yang kita makan," kata Dr Samuel saat ditemui Kompas Lifestyle di Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Vitamin terpenting yang berasal dari buah pisang dan bermafaat bagi tubuh adalah vitamin B kompleks dan B6. Menurutnya, vitamin B kompleks dan B6 adalah mediator pembentukan energi.

Terkait seberapa banyak dan diolah menjadi apa, bisa disesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Misal pisang bisa dimakan begitu saja atau disajikan dalam bentuk jus smoothies.

Baca juga:Mengencangkan Payudara dengan Pisang

"Vitamin B dari pisang itu sebagai mediator pembentukan energi, kalau dalam sehari kita tidak cukup memperoleh vitamin B maka pembentukan energi juga akan lambat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com