Perkenalkan Sikat Gigi Sejak Anak Tumbuh Gigi - Kompas.com

Perkenalkan Sikat Gigi Sejak Anak Tumbuh Gigi

Kahfi Dirga Cahya
Kompas.com - 14/09/2017, 06:18 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

SEMARANG, KOMPAS.com - Menjaga kebersihan gigi sangat penting diajarkan sejak dini. Meski belum mengonsumsi beragam makanan, namun cairan yang diminum bayi bisa meninggalkan sisa di mulut.

Menurut Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) Dr. drg. Nina Djustiana, rutinitas membersihkan gigi bisa diperkenalkan saat anak mulai tumbuh gigi sehingga anak terbiasa.

"Minimal anak dibiasakan wajib menyikat gigi demi kebersihan," kata Nina di sela acara pembukaan Bulan Kesehatan Gigi Nasional di Semarang, Jawa Tengah (12/9/2017).

Kebiasaan membersihkan gigi bahkan bisa diperkenalkan sejak bayi dengan cara membersihkan gusi dan mulutnya dengan kain kasa. Kebersihan gigi dan mulut yang terjaga dapat mengurangi rasa sakit saat bayi mulai tumbuh gigi.

Menurut Nina pengenalan ini untuk menumbuhkan kebiasaan anak dalam sikat gigi. Sebagai permulaan, setelah tumbuh gigi anak-anak bisa dikenalkan menyikat gigi dengan menggunakan peralatan khusus anak, seperti sikat dan pastanya.

Selain itu, air yang digunakan untuk kumur-kumur harus matang. "Takutnya nanti diminum. Kalau air matang dan pasta khusus anak aman bila keminum," ujar Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran ini.

Anak yang sudah dibiasakan membersihkan gigi sejak bayi biasanya tidak terlalu menolak jika diajak menyikat gigi. Apalagi, gigi susu mudah sekali rusak dan hitam, sehingga kebersihannya wajib dijaga.

PenulisKahfi Dirga Cahya
EditorLusia Kus Anna
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM