Olahraga Tak Perlu Repot, Cukup Tiru Cara Ini! - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan OPPO

Olahraga Tak Perlu Repot, Cukup Tiru Cara Ini!

Auzi Amazia Domasti
Kompas.com - 14/09/2017, 18:37 WIB
Ilustrasi berolahraga di rumahThinkstock Ilustrasi berolahraga di rumah

KOMPAS.com - Desi (39) bangun pukul lima pagi dan harus bergegas memulai rutinitas hariannya. Membangunkan anak, membuat sarapan, memanaskan mobil, dan bersiap pula untuk bekerja. 

Jadwal kerja di kantornya juga cukup padat bila dihitung sampai sore hari. Pada perjalanan pulang tak jarang ia terkena macet.

Belum lagi, ia harus mampir ke pasar untuk membeli beberapa kebutuhan rumah tangga dan bahan untuk makan malam.

Sesampainya di rumah ia kembali memasak sajian makan malam. Lepas makan malam, ia pun menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menemani suami dan anaknya berbincang-bincang atau turut membantu mengerjakan pekerjaan rumah (PR) anak.

Rutinitas harian Desi hampir setiap hari berjalan sama. Padat dan cukup sibuk, hingga ia sempat merasa kelelahan, sakit kepala, dan badannya terasa pegal.

Memang terlihat jarang ada waktu bagi dirinya untuk beristirahat atau berolahraga. Bagi perempuan yang sibuk berkarier sekaligus berumah tangga seperti Desi, terkadang kegiatan olahraga tidak dimasukkan dalam rutinitasnya.

Ilustrasi orang kelelahanThinkstock Ilustrasi orang kelelahan
Padahal, olahraga sudah terbukti banyak manfaatnya. Apalagi, rutinitas harian Desi menuntutnya untuk terus sehat sepanjang hari. Bonusnya, berat badan juga lebih stabil.

Sebenarnya, menyisipkan waktu olahraga mesti jadi prioritas. Bagi wanita karier seperti Desi, olahraga tidak perlu harus keluar rumah atau kegym, karena di rumah pun bisa. Selain itu, olahraga pun tak perlu memakan waktu lama, yang penting dilakukan dengan rutin.

Secara sederhana dengan bermodal ponsel dan menonton channel fitness video blogger (vlogger) di youtube, misalnya, Anda pun bisa langsung mulai olahraga. Melansir dari dioxyme.com, Rabu (19/10/2016), ada beberapa channel youtube olahraga dan kebugaran populer dipandu dengan vlogger perempuan yang bisa Anda tiru. Berikut di antaranya:

Blogilates – Cassey Ho

Melalui channel Blogilates di Youtube, Anda bisa melihat video gerakan-gerakan olahraga singkat berdurasi 4-8 menit. Misalnya, olahraga pilates dan gerakan lain mengencangkan otot paha dan kaki.

Tak hanya itu, ada juga tips-tips kesehatan lain seperti pemilihan makanan sehat. Pengelola channel tersebut, Cassey Ho, termasuk vlogger kebugaran yang populer di Youtube dengan leih dari tiga juta subscribers.

Ho mulai mengunggah dan berbagi videonya sejak 2009. Ia juga pengarang buku “Hot Body Year Round”. Bila Anda ingin rutin menerapkan aneka olahraga singkat di rumah, channel-nya bisa jadi sumber informasi.

Sarah Fit - Sarah Dussault

Channel Sarah Fit menghadirkan variasi olahraga dari tingkat dasar, yoga, peregangan, dan olahraga yang berintensitas tinggi atau High Intensity Interval Training (HIIT). Ada pula olahraga dan tips menurunkan berat badan dalam video-videonya yang rata-rata berdusi 2-6 menit.

Pemilik akun, Sarah Dussault merupakan trainer bersertifikasi dengan gelar komunikasi. Ia vlogger yang cukup informatif dan menarik untuk diikuti.

XHIT Daily

XHIT Daily dikelola oleh tiga orang, yaitu Rebecca-Louis Smith, Kelsey Lee, dan Cynthia Dallas. Ketiganya berlatar belakang olahraga dan telah mendalami hockey, bola, basket, cheer, menari, dan atletik.

Anda bisa melihat berbagai gerakan olahraga dengan mudah dan bisa menerapkannya di rumah, mulai dari cara mengencangkan otot lengan, mengencangkan otot perut, kardio, sampai kickboxing. Channel youtube kebugaran itu juga tak kalah populer karena sudah menuai lebih dari dua juta subscribers.

Ilustrasi berolahraga di rumahvadimguzhva/Thinkstock Ilustrasi berolahraga di rumah
Nah, ada baiknya mulai luangkan waktu Anda untuk menonton vlog olahraga dan kebugaran itu, lalu segera tiru gerakan-gerakannya yang cukup sederhana. Supaya praktis, coba tonton melalui ponsel Anda baik ketika di rumah atau saat jam istirahat kerja.

Bila Anda juga tertarik berbagi rutinitas olahraga melalui vlog, tak ada salahnya pula jika Anda mau coba membuatnya dengan kamera ponsel. Tentu dengan bantuan kamera depan, Anda dapat sekaligus melihat aksi Anda saat merekamnya.

Gunakan ponsel berdesain tipis, sehingga memungkinkan Anda menentengnya dengan mudah meskipun sedang berolahraga. Selain desain yang tipis, ponsel tentu juga harus nyaman digenggam. Pilihan itu bisa dijatuhkan pada Oppo F3, misalnya.

Siapa sangka, memulai kebiasaan singkat tersebut bisa membuat tubuh sehat dan bugar. Jadi, siapkah Anda mengikuti gerakan para vlogger untuk berolahraga? Atau Anda yang akan menjadi vlogger olahraga berikutnya?

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAuzi Amazia Domasti
EditorSri Noviyanti
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM