Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2017, 05:43 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

Sumber menshealth

KOMPAS.com - Siapa yang tidak kenal dengan Hugh Jackman, pemeran Wolverine yang dalam penampilannya sering tampil dengan tubuh atletis dan berotot? Rupanya tubuh ideal yang didapatkan Jackman itu, salah satunya, berasal dari sarapan sehat yang dimakannya setiap pagi.

Jackman termasuk aktor yang melatih tubuhnya dengan keras untuk bermain sebagai Wolverine. Namun tidak sekedar latihan, aktor Australia itu juga mengatur makanannya untuk menjaga tubuh. Salah satunya lewat sarapan. Apa yang dimakan Wolverine untuk memulai hari?

Baca juga:Jangan Sepelekan Pentingnya Sarapan

Belum lama ini Jackman mengunggah foto sarapan paginya yang terdiri dari bubur jagung, roti panggang, alpukat, telur rebus dan tomat. Sebelumnya, saat membentuk otot untuk peran Wolverine, Jackman menambah porsi protein dalam sarapannya.

Pada hari biasa, sarapan yang dimakan Jackman tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan menahan rasa lapar hingga siang.

 

Aussie brekky, southern style. #GRITS

A post shared by Hugh Jackman (@thehughjackman) on Sep 15, 2017 at 4:08am PDT

Baca juga:Supaya Otak Tidak Lemot, Konsumsi Karbohidrat Saat Sarapan

Mengapa sarapan penting? Selain memberikan kita dorongan energi untuk beraktivitas seharian, sarapan juga merupakan sumber makanan yang baik untuk memupuk sejumlah nutrisi penting, seperti kalsium, zat besi, dan vitamin B, serta protein dan serat.

Tubuh memerlukan nutrisi ini untuk memulai proses metabolisme, dan penelitian menunjukkan bahwa jika asupan nutrisi terlewatkan tubuh saat sarapan, kecil peluangnya untuk tubuh dapat membayar kerugian ini di kemudian hari.

Selain itu, sarapan juga dapat membantu tubuh mengatur konsentrasi gula darah, dilansir dari The Independent. Melewatkan sarapan telah terbukti meningkatkan lonjakan gula darah setelah makan pada orang-orang yang memiliki diabetes tipe 2.

Menciptakan kebiasaan makan di pagi hari adalah suatu rutinitas yang bisa Anda bangun perlahan. Mulai dari porsi ringan lebih dulu, dan kemudian setelah beberapa saat nafsu makan pagi hari Anda meningkat secara alami. Akibatnya, mungkin Anda akan mulai memperhatikan bahwa porsi makan siang Anda jadi lebih sedikit dari biasanya, termasuk juga jam ngemil di kantor.

Apa saja makanan terbaik untuk sarapan?

Berikut adalah 6 pilihan makanan terbaik untuk sarapan yang bisa Anda jadikan ide sarapan besok.

1. Telur

Di balik berbagai mitos buruknya, telur mengandung 13 nutrisi penting untuk tubuh, termasuk tinggi kandungan protein. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan berprotein tinggi akan menangkal kebiasaan ngemil tidak sehat sepanjang hari.

Ilustrasi telurPurestock Ilustrasi telur
Selain itu, konsumsi setidaknya 8-10 gram hingga 20-25 gram protein tidak hanya akan menyediakan rasa kenyang yang lebih tahan lama, namun juga menjaga massa otot yang baik dari waktu ke waktu. Ditambah lagi, kuning telur tinggi akan kandungan vitamin B kolin, yang penting untuk ketajaman memori, juga kaya akan lutein dan zeaxanthin yang mendorong kesehatan mata.

Ide menu untuk sarapan: Sandwich roti gandum dengan isian telur orak-arik (atau telur mata sapi). Atau, Anda bisa buat sandwich roti panggang dengan isian irisan alpukat, telur rebus, dan tomat seperti yang dimakan Jackman. Alternatif lebih sehatnya, buat adonan telur orak-arik yang dicampur terlebih dahulu dengan bayam cincang.

2. Kopi

Halaman:
Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com