Olahraga Tak Sekadar Menurunkan Berat Badan! - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan OPPO

Olahraga Tak Sekadar Menurunkan Berat Badan!

Auzi Amazia Domasti
Kompas.com - 20/09/2017, 08:19 WIB
Ilustrasi orang berolahraga untuk menurunkan berat badannyaAuzi Amazia Ilustrasi orang berolahraga untuk menurunkan berat badannya

KOMPAS.com – Danita gusar, pasalnya hanya dalam satu bulan berat badannya naik beberapa kilogram. Begitu melihat jarum pada alat timbang bergerak beberapa angka ke kanan daripada biasanya, ia langsung merasa tak nyaman dan percaya diri.

Pantas saja, sejak beberapa minggu lalu, ia merasa banyak pakaian terasa lebih sempit. Nafasnya pun terasa terengah-engah. Sesekali ia juga merasa pusing dan jenuh.
 
Setelah dipikir-pikir, kesibukan Danita sehari-hari yang membuat berat badannya bertambah. Aktivitas magang di kantor yang padat, mengerjakan laporan, dan tugas kuliah membuatnya mengabaikan kesehatan.
 
Pola makannya tak teratur. Sudah begitu, ia makan sembarangan, seperti jajan gorengan, kopi, dan membeli makan malam siap saji. Selama itu, Danita pun jarang –bahkan tidak pernah—berolahraga.
 
Pada akhirnya, ia bertekad mulai berolahraga. Namun, ia hanya ingin berolahraga sampai berat badannya kembali seperti semula saja.

Seperti Danita, ketika aktivitas harian sedang padat, olahraga seakan menjadi kegiatan yang terabaikan. Olahraga baru mau dilakukan ketika berat badan bertambah. Singkatnya, orang baru terpaksa olahraga bila ada maunya saja.

Padahal ditengah padatnya aktivitas, olahraga memang mendatangkan banyak manfaat. Efek positif utamanya bukan hanya dapat menurunkan berat badan, melainkan bertujuan untuk hal-hal berikut:
 
Melepas stres

Terlalu sibuk dan lelah kerap membuat jenuh, stres, dan depresi. Siapa sangka, olahraga dapat menangkalnya.
 

Ilustrasi stresAuzi Amazia Ilustrasi stres

Aktivitas olahraga yang mendorong Anda lebih banyak bergerak dan berkeringat akan melepaskan hormon endorfin dalam tubuh. Hormon “bahagia” tersebut bisa mengurangi level kecemasan dan stres seseorang. 
 
Kepadatan tulang dan kekuatan otot

Perempuan dan laki-laki yang olahraga secara rutin umumnya bisa mendapatkan massa tulang yang lebih tinggi (kepadatan dan kekuatan tulang maksimum) dibandingkan mereka yang tidak.

Melansir dari National Institutes of Health (NIH) Osteoporosis and Related Bones Diseases National Resources Center, melalui niams.nih.gov pada Mei 2015, massa tulang kebanyakan orang mencapai puncaknya di usia 30. 

Setelah itu, kepadatan tulang akan berkurang. Karenanya, ada pentingnya olahraga rutin sejak dini. Selain itu, olahraga juga meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, dan koordinasi yang bisa mencegah Anda dari fraktur.
 
Menjaga Stamina Tubuh

Berolahraga secara teratur juga bisa meningkatkan sel pembunuh kuman alami dalam tubuh. Karena daya imun meningkat, Anda tak akan gampang sakit.
 
Selain itu, berolahraga turut meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh. Proses metabolisme melibatkan pembakaran kalori yang kemudian diolah menjadi energi, sehingga bisa menjadi kekuatan Anda beraktivitas sehari-hari.
 
Perlu diketahui, olahraga tak selalu mengharuskan ke gym dan memakan waktu berjam-jam. Jogging selama setengah jam dalam sehari atau senam lantai selama 15 menit pun cukup, selama itu dilakukan teratur. 
 

Ilustrasi berolahragaAuzi Amazia Ilustrasi berolahraga
Sayangnya masih banyak orang yang belum sadar akan hal itu. Karenanya, perlu pemicu olahraga agar lebih semangat.
 
Anda bisa melakukan banyak cara untuk itu. Misalnya, memasang musik dari ponsel supaya semakin semangat waktu berolahraga.  Kalau bisa, bikin sendiri playlist olahraga Anda.
 
Selain itu, jika ingin tampil lebih fresh dan bersemangat saat olahraga, perhatikan juga penampilan. Pilih outfit yang tetap trendy dan stylish, termasuk pada barang bawaan.

Misalnya membawa ponsel yang bisa memutarkan musik untuk penyemangat Anda. Nah, karenanya pilih juga yang berdesain stylish dan trendy.

Material ponsel yang terbuat dari metal bisa menjadi pilihan yang utama. Sebab, itu akan menambah kesan kokohnya semangat Anda dalam meraih hal-hal positif berolahraga. Selain itu, agar mudah dibawa ke mana pun, pilih juga desain body yang nyaman digenggam , seperti Oppo F3, misalnya. Penampilan stylish dan trendy pun jadi lebih komplit

Jangan lupa juga optimalkan ponsel sebagai pengingat agar olahraga pun bisa dilakukan dengan rutin. Jadi, tak ada alasan lagi untuk tak berolahraga, bukan?

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAuzi Amazia Domasti
EditorSri Noviyanti
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM