Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2017, 11:10 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

Sumber USA Today

KOMPAS.com - Anda pasti pernah membawa gadget masuk ke kamar mandi, entah ditaruh di wastafel atau justru digunakan sambil berendam, bahkan buang air besar.

Menurut survei tahun 2015 yang dilakukan oleh Verizon Wireless, hampir 90 persen orang menggunakan ponsel mereka di kamar mandi. Sementara itu, sebuah survei terpisah yang dilakukan tahun lalu dari Sony dan perusahaan nirkabel Inggris O2 mengungkapkan, tiga per empat pria dan wanita menggunakan telepon mereka saat berada di toilet.

Seberapa pun sulitnya Anda berpisah dengan gawai, namun kebiasaan membawanya ke dalam toilet sebaiknya dihentikan. Berikut adalah beberapa alasannya:

Ada banyak air di kamar mandi

Anda tentu tak rela kan gadget keluaran terbaru yang dibanggakan itu harus mati gara-gara tanpa sengaja terjatuh ke dalam wastafel atau bak mandi?

Pembuat smartphone memang berlomba-lomba meningkatkan ketahanan perangkat produknya agar tahan di air. Tapi, ponsel yang tahan air harganya juga tidak murah.

Membawa banyak kuman

Ya, ponsel cerdas Anda kemungkinan membawa lebih banyak kuman dari pada toilet. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 dari London School of Hygiene & Tropical Medicine menemukan satu dari enam smartphone mengandung kuman yang biasa ditemukan di tinja.

Ahli mikroba Jason Tetro dan penulis The Germ Files mengatakan, mikroba apapun yang dapat disentuh bisa berakhir mendarat pada smartphone.

"Anda harus memikirkan perangkat mobile sebagai perpanjangan dari diri Anda sendiri. Apa pun yang disentuh ponselmu, bayangkan itu tanganmu," kata Tetro.

Tentu saja, Anda bisa mencuci tangan dengan sabun dan air. Untuk gadget, Tetro menyarankan penggunaan lap yang dibuat khusus untuk barang-barang elektronik yang fungsinya untuk mematikan kuman di layar ponsel.

Dalam beberapa kasus, itu berbahaya

Di Texas, seorang gadis remaja meninggal karena sengatan listrik saat menggunakan smartphone di bak mandi ketika sedang mengisi baterai. Meskipun insiden ini nampaknya jarang terjadi, masih perlu diingatkan untuk menghindari pengisian elektronik saat mandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber USA Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com