Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2017, 05:39 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Sumber nypost.com

KOMPAS.com -  Melakukan pekerjaan rumah sekitar 30 menit selama lima hari dalam sepekan dapat mengurangi risiko kematian dini hingga sepertiganya. Bukan saja kuman dan penyebab penyakit akan menghilangd ari rumah Anda, namun aktivitas fisik yang dilakukan ternyata membuat tubuh lebih sehat.

Periset meneliti 130.000 orang dewasa di 17 negara dalam studi soal aktivitas fisik dan pengaruhnya. Mereka menemukan bahwa orang yang beraktivitas fisik apapun selama 150 menit dalam sepekan akan bisa mengurangi risiko kematian dini sebesar 31 persen.

Mereka yang giat ini juga mengalami penurunan risiko serangan jantung dan stroke sebesar 38 persen dibanding orang yang sepanjang hari bermalas-malasan di sofa.

Baca juga: Inilah Olahraga yang Membakar Kalori Terbanyak

Para ahli mengatakan, untuk beraktivitas orang tidak harus pergi ke gym atau menjadi angota pusat kebugaran. Mereka bisa tetap aktif dengan melakukan pekerjaan rumah.

Menurut perhitungan, tiga puluh menit membersihkan jendela dapat membakar 125 kalori, membereskan tempat tidur 120 kalori, dan membersihkan debu di rumah 100 kalori.

Temuan ini sesuai dengan panduan NHS (National Health Service) Inggris yang menyebut bahwa orang dewasa harus olahraga selama 150 menit dalam sepekan. Aktivitas itu dapat melindungi jantung, mengurangi risiko diabetes tipe 2, dan kanker.

Dr. Scott Lear, dari Simon Fraser University, Kanada, mengatakan: "Ini sebenarnya soal bagaimana kita melakukan aktivitas  untuk tubuh setiap hari. Dampak dari kegiatan itu akan membuat kita terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyebabkan kematian dini."

Baca juga: Kurangi Kalori untuk Memperlambat Penuaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com