Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2017, 12:42 WIB
Wisnubrata

Penulis

LOS ANGELES - Hugh Hefner, pendiri majalah Playboy sekaligus bintang reality show The Girls Next Door telah meninggal dunia pada usia 91 tahun pada Rabu waktu Los Angeles atau Kamis pagi WIB (28/9/2017).

Dalam pernyataannya, perwakilan Playboy Enterprises menyebutkan, “Hugh M. Hefner, ikon Amerika yang pada 1953 memperkenalkan majalah Playboy pada dunia dan membangun perusahaan ini menjadi salah satu brand Amerika paling dikenal di dunia, telah meninggal dengan tenang hari ini karena sebab alami di rumahnya, The Playboy Mansion, dikelilingi orang-orang yang mencintainya.”

Pria bernama Hugh Marston Hefner itu lahir 9 April 1926 di Chicago dari ibu Grace Caroline dan ayah Glenn Lucius Hefner. Anak tertua dari dua bersaudara itu sempat mengikuti wajib militer dalam perang dunia ke-2, dan setelahnya menjadi copy writer di majalah Esquire sebelum mendirikan majalahnya sendiri.

Hefner segera menjadi terkenal setelah edisi pertama majalah pria dewasa Playboy muncul pada Desember 1953, yang menampilkan foto telanjang Marilyn Monroe. Majalah pertama itu terjual 50.000 copy, sebuah jumlah yang luar biasa saat itu.

Pada tahun yang sama, ia meluncurkan perusahaan media dan gaya hidup Playboy Enterprises, Inc., di mana ia menjadi eksekutif sampai akhir hayatnya.

 

In my wildest dreams, I could not have imagined a sweeter life.

A post shared by Hugh Hefner (@hughhefner) on May 10, 2016 at 2:15pm PDT

Selain menampilkan wanita telanjang, Playboy juga melengkapi edisinya dengan artikel-artikel berbobot, termasuk wawancara dengan selebriti dan tokoh politik.

Soal ini Hefner pernah berujar, “Yang membuat Playboy menjadi terkenal bukanlah foto-foto perempuan telanjang. Majalah lain juga menampilkan foto seperti itu. Yang membuat kami terkenal adalah sudut pandang dan filosofinya.”

"Anda tidak bisa sekedar memasang foto telanjang lalu orang menyukainya. Kita harus memberi konteks dan sentuhan seni. Saya memberinya konteks yang saya anggap positif soal hubungan pria dan wanita. Menurut saya, seks bukanlah musuh kita. Musuh kita adalah kekerasan,” ujar pria yang gemar mengenakan piyama ini.

 

#flashbackfriday

A post shared by Hugh Hefner (@hughhefner) on Mar 25, 2016 at 8:15pm PDT

Pada tahun 1971, Playboy menjual lebih dari 7 juta copy setiap bulan. Namun pesaing mulai muncul, antara lain dari Penthouse, dan pada 1974 Larry Flynt meluncurkan Hustler. Walau begitu, Playboy tetap tampil dengan ciri khasnya, yakni artikel yang lebih cerdas dan foto-foto yang tidak sevulgar saingannya.

Mengenai logo kelinci Playboy yang terkenal itu, Hefner pernah mengatakan dalam sebuah wawancara tahun 1967: “Kelinci, di Amerika memiliki konotasi seksual, dan saya memilihnya karena mereka hewan lucu, pemalu, penuh gairah dan sexy.”

Perkawinannya dengan istri pertamanya, Mildred Williams yang dikaruniai dua anak, Christie dan David, berakhir tahun 1959. Semenjak itu, Hefner secara terbuka menunjukkan hubungannya dengan banyak perempuan, kebanyakan adalah model Playboy.

Tahun 1971 Hefner membeli Playboy Mansion di Los Angeles, rumah indah yang kemudian menjadi legendaris sebagai simbol pesta pora. Tidak semua orang bisa ikut berpesta di sini. Bahkan mereka yang mendapat undangan pesta sering disebut sebagai orang yang beruntung.

Karena mengalami serangan stroke ringan tahun 1985, pekerjaan di Playboy banyak dialihkan ke anaknya Christie, yang kemudian diangkat menjadi Presiden Playboy tahun 1982 dan CEO tahun 1988.

Pada tahun 1989 Hefner menikah lagi dengan modelnya, Playmate of the Year Kimberley Conrad. Pasangan itu memiliki dua anak, Marston Glenn dan Cooper Bradford, sebelum akhirnya bercerai tahun 2010.

Selama lima dekade tinggal di Playboy Mansion, Hefner selalu ditemani beberapa perempuan muda dan sexy pada waktu yang bersamaan, termasuk bintang Girls Next Door Holly Madison, Bridget Marquardt dan Kendra Wilkinson.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com