Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buah Raspberry Hitam Korea Bantu Tingkatkan Stamina Pasutri

Kompas.com - 01/10/2017, 12:37 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Buah berri sudah lama terkenal sebagai sumber antioksidan terbaik. Salah satu jenis buah berri dari Asia adalah raspberry hitam dari Korea.

Raspberry hitam dari Korea mempunyai senyawa fenolik paling tinggi dibandingkan buah beri lainnya. Senyawa fenolik berkontribusi terhadap manfaat kesehatan dari raspberry hitam.  

Mengandung anthocyanin tingkat tinggi, yang memberi mereka warna gelap dan kaya. Anthocyanin bekerja sebagai antioksidan yang membantu melawan kerusakan radikal bebas di tubuh. Tingkat antosianin raspberry hitam adalah 214-589 mg /100g.

Bokbunja adalah spesies raspberry asli Korea yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional karena nilai nutrisinya yang tinggi. Raspberry hitam Korea ini dipenuhi dengan zat-zat antioksidan seperti antosianin, asam fenolik, flavonoid, tanin  dan vitamin E, C.  dan A.

Buah Black Raspberry Korea secara empiris telah digunakan masyarakat untuk meningkatkan stamina bagi pria dan wanita di Korea.

Ilustrasi keluarga buah Berry.Berry Ilustrasi keluarga buah Berry.
"Kekuatan antioksidan buah ini melindungi sel dari serangan radikal bebas juga terbukti dapat meningkatkan libido, menekan kanker, mengurangi kadar gula darah dan mencegah tekanan darah tinggi," kata Lim Dong-yoon, profesor di sekolah kedokteran Universitas Chosun di Gwangju, Korea.

Penelitian mengenai manfaat buah ini terhadap stamina dan kesuburan suami istri (pasutri) juga dilakukan di Indonesia oleh Dr. Jusuf Kristianto, peneliti pengobatan herbal di Universitas Indonesia.

Penelitian ini dilakukan pada pasangan sehat yang belum dikaruniai anak, dari beberapa Rumah Sakit di Jakarta pada bulan  Juli – Agustus   2017.  Pada penelitian ini hanya merupakan uji maanfaat, dengan  responden sebanyak  5 pasangan suami istri.

Penelitian ini bersifat Observasional Analitik, dengan pendekatan metode Crosssectional, Pasutri yang terlibat dalam penelitian ini diberikan buah black raspberry Korea 3 kali sehari selama 10 hari.

Setelah 10 hari mengonsumsi, diperoleh hasil pada pasangan suami istri tanpa anak ini, Empat hal berikut : ada peningkatan kadar oksigen, ada perbaikan stabilitas denyut nadi, perbaikan stabilitas tekanan darah pada semua responden dan disertai perbaikan siklus menstruasi menjadi siklus yang normal pada semua responden perempuan.

Menurut Jusuf, hal ini sangat bermanfaat bagi pasangan suami istri yang ingin memiliki keturunan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com